Indonesia berada dalam momentum penting transformasi digital, di mana teknologi menjadi akselerator utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, memperkuat keamanan digital, dan meningkatkan kualitas tata kelola publik. Presiden RI Prabowo Subianto menegaskan bahwa "digitalisasi adalah pilar utama untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi dan memperkuat ketahanan nasional." Dengan memanfaatkan potensi teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Indonesia dapat menciptakan solusi yang tidak hanya inovatif, tetapi juga berdampak luas bagi masyarakat.
Saat ini, 3 tantangan besar yang dihadapi Indonesia adalah:
- Ekonomi Digital: UKM sebagai tulang punggung perekonomian membutuhkan platform digital sederhana untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.
- Keamanan Digital: Ancaman cyber attack meningkat setiap tahun, memerlukan solusi cerdas yang adaptif untuk melindungi data dan privasi pengguna.
- Layanan Publik yang Inklusif: Digitalisasi pemerintahan harus terus dikembangkan agar layanan publik menjadi lebih efisien, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Melalui IDCamp 2024 Developer Challenge: Accelerating Digital Innovation through AI, challenge ini mengundang para talenta digital Indonesia untuk berkontribusi dalam menghadirkan solusi berbasis AI yang praktis dan aplikatif. Challenge ini bertujuan menciptakan inovasi yang dapat menjawab kebutuhan Indonesia, dengan fokus pada 3 bidang utama:
- Ekonomi Digital: Solusi AI untuk membantu UKM atau sektor kreatif meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
- Keamanan Digital: Teknologi berbasis AI untuk mendeteksi ancaman siber dan meningkatkan perlindungan digital.
- Tata Kelola dan Layanan Publik Digital: Alat digital berbasis AI untuk mempermudah akses layanan masyarakat, seperti chatbot untuk administrasi atau analisis laporan publik.
Harapan: Challenge ini akan melahirkan solusi inovatif berbasis AI yang tidak hanya bermanfaat di tingkat lokal, tetapi juga dapat bersaing secara global, mendukung visi Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dan inovatif.
Ketentuan Utama
- Challenge ini terbuka untuk seluruh peserta beasiswa IDCamp 2024.
- Peserta boleh mengikuti challenge secara individu atau dalam grup (maksimal 3 orang). Jika dalam grup, semua anggota harus terdaftar sebagai peserta beasiswa IDCamp 2024.
- Peserta harus mengembangkan produk digital berbasis Artificial Intelligence (AI).
- Produk digital yang dibuat tidak dibatasi platform (bisa berupa aplikasi mobile, website, atau teknologi lainnya).
- Teknologi yang digunakan untuk pengembangan solusi tidak dibatasi (framework, library, atau studio coding apa pun dapat digunakan).
- Produk digital yang dikumpulkan harus berupa MVP (Minimum Viable Product).
- Peserta dilarang mengumpulkan aplikasi yang pernah dimenangkan dalam program atau challenge lain, baik di dicoding.com/challenges maupun platform lainnya.
- Semua keputusan juri dan hasil penilaian bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
- Pertanyaan seputar challenge dapat diajukan di forum diskusi challenge pada platform Dicoding.
Kriteria Penilaian
- Inovasi dan Kebaruan: Bobot 20%
- Apakah solusi yang diajukan unik dan memberikan nilai tambah dibandingkan solusi yang sudah ada?
- Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI): Bobot 30%
- Seberapa baik AI diterapkan dalam solusi untuk menjawab tantangan
- Apakah AI digunakan secara relevan dan efektif?
- Manfaat untuk Masyarakat Indonesia: Bobot 25%
- Seberapa besar dampak yang dihasilkan produk untuk bidang yang dipilih (Ekonomi, Keamanan, atau Tata Kelola)?
- Desain dan Kemudahan Penggunaan: Bobot 25%
- Apakah produk memiliki desain antarmuka yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna?
Tambahan Nilai Jika:
- Produk digital dapat diakses secara publik (misalnya, live di website atau diunggah ke Play Store/App Store).
- Produk menggunakan data real-time atau interaktif, bukan data dummy atau local storage.
Hadiah Pemenang
Sebanyak 10 produk terbaik akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 2.000 Dicoding Points. Dicoding Points dapat digunakan untuk purchase hadiah di Dicoding Rewards: dicoding.com/rewards
Timeline Challenge
- Peluncuran Challenge: 21 Januari 2025
- Periode Pelaksanaan Challenge: 21 Januari – 31 Maret 2025 (10 minggu)
- Penjurian Challenge: 7 - 11 April 2025
- Pengumuman Pemenang: 17 April 2025
Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.
Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.
Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.