Dicoding Bootcamp Batch 3 - Capstone Project

Dicoding Bootcamp Batch 3 - Capstone Project

Diselenggarakan oleh: Dicoding Bootcamp
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Capstone project adalah proyek akhir yang biasanya menjadi puncak tertinggi dari sebuah program. Proyek ini adalah proses di mana menerapkan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama masa program berlangsung ke dalam proyek nyata.

Tujuan utama capstone project diantaranya, yaitu untuk menerapkan pengetahuan, meningkatkan keterampilan, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja.

Peserta dibebaskan membuat project dengan topik apapun dengan catatan sebagai berikut:

  • Project tidak mengandung unsur pornografi, SARA dan ujaran kebencian

  • Project yang dibuat tidak bertujuan untuk mendukung aktivitas yang melanggar hukum.

  • Project menyelesaikan masalah atau persoalan nyata yang dihadapi oleh pengguna/masyarakat secara efektif.

Melalui challenge ini tim maupun individu diharapkan dapat membuat inovasi proyek yang memiliki kebermanfaatan untuk masyarakat.

Berikut merupakan rekomendasi tema yang dapat Anda gunakan pada capstone project ini: https://links.devacademy.id/Deskripsi-Tema-Capstone 

Ketentuan Utama

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta Dicoding Bootcamp Batch 3

  • Project dibuat dengan teknologi sesuai paket belajar yang diambil, yaitu Front-End Web & Back-End

  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan dapat diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website atau aplikasi mobile).

  • Project dibuat secara tim atau individu sesuai plotting. Setiap tim mengumpulkan satu project.

  • Boleh menambahkan aspek lain di luar pembelajaran.

    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.

    • Menggunakan basis teknologi lain di luar salah satu paket yang diambil (misalnya menambahkan aplikasi Android Webview untuk Frontend yang sudah dibuat)

  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.

  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.

  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 

  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.

  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 

    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll

  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.

  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.

  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID -  ID Grup Capstone

  • Nama Aplikasi -  Nama Aplikasi/Nama Grup Capstone

  • Link Aplikasi -  Deployed Link Aplikasi/Google Drive Aplikasi

  • Komentar - Link Dokumen Project Brief

    Aplikasi harus dapat diakses hingga akhir Januari 2025.

Kriteria Penilaian

Berikut adalah kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan

  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen

  • Desain atau Kemudahan Penggunaan

  • Manfaat bagi Pengguna

  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Maksimal tiga (3) solusi/project terbaik akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 

  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.


Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.


Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.


Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Sisa Waktu

45 : 1 : 32

(hari : jam : menit)
Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 3)
Follower
: 138 orang