Dicoding Bootcamp Batch 2 - Inovasi Sains, Teknologi, dan Industri

Dicoding Bootcamp Batch 2 - Inovasi Sains, Teknologi, dan Industri

Diselenggarakan oleh: Dicoding Bootcamp
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Produktivitas Pekerjaan, Manajemen Aktivitas, Kesehatan Tubuh, Olahraga, dan Inovasi project yang tidak masuk ke dalam kategori tema-tema sebelumnya.

Teknologi memiliki peran yang sangat krusial dalam berbagai aspek kehidupan manusia, terutama untuk membantu meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan produktivitas pengguna. Dalam bidang kesehatan contohnya, teknologi medis telah merevolusi dunia kesehatan dengan diagnosa yang lebih cepat dan tepat, perawatan yang lebih efisien, hingga pemantauan kesehatan yang akurat. Sedangkan dalam bidang pendidikan, teknologi menjadi jembatan penghubung untuk pendidikan jarak jauh melalui platform pembelajaran digital yang dapat memberikan kesempatan bagi semua kalangan usia untuk terus meningkatkan pengetahuan mereka. Selain itu dalam bidang transportasi dan mobilitas, teknologi juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memperoleh transportasi yang lebih efektif dan efisien melalui pemesanan online.

Selain itu, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai solusi utilitas untuk memudahkan berbagai aktivitas manusia. Solusi utilitas merujuk pada berbagai bentuk teknologi atau inovasi yang digunakan untuk memudahkan atau meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan kemudahan aktivitas sehari-hari manusia. Solusi utilitas bertujuan untuk mengatasi masalah sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut terlihat dari banyaknya aktivitas yang dilakukan manusia dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga dirasa dapat memudahkannya untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan meningkatkan produktivitas manusia. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa peran teknologi yang semakin modern memberikan dampak yang sangat signifikan dalam menunjang berbagai kegiatan.

Melalui tema ini, Tim Capstone diberikan keleluasaan untuk mengembangkan sebuah project di luar tema-tema yang telah ditentukan. Dengan hadirnya tema ini diharapkan tim dapat lebih fleksibel dan lebih mudah untuk mengeksplorasi ruang lingkup project yang akan diciptakan. Tema ini juga diberikan untuk menghasilkan output-output project yang lebih inovatif dan bervariatif.

Contoh Case yang Termasuk:

  1. Website dalam Bidang Pengembangan UMKM di Indonesia

  2. Website dalam Bidang Mitigasi Bencana

  3. Website dalam Bidang Kesehatan

  4. Website dalam Bidang Politik dan Pemerintahan

  5. Website Bertukar Bahasa

  6. Website Penyewaan Barang

  7. Website Pemesanan Layanan Rumah Tangga

  8. Website Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

  1. Website Manajemen Keuangan Pribadi

  2. Website Pencari Rekomendasi Hobi

  3. Website Management SDM Industri

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta Dicoding Bootcamp Batch 2
  • Project dibuat dengan teknologi React, Front-End Web dan Back-End
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End, Back-End & React
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 
    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID -  ID Grup Capstone
  • Nama Aplikasi -  Nama Aplikasi/Nama Grup Capstone
  • Link Aplikasi -  Deployed Link Aplikasi
  • Komentar - Link Dokumen Project Brief

Kriteria Penilaian

Berikut adalah  kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan
  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
  • Desain atau Kemudahan Penggunaan
  • Manfaat bagi Pengguna
  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Maksimal dua (2) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 2 orang
Kuota pemenang
: 2 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 14 orang