Kata Kunci: Ekowisata, Pengelolaan Pariwisata, Pemasaran Bidang Pariwisata, Inovasi dalam Pariwisata, Bisnis Pariwisata, Pelestarian Budaya Material, Ekonomi Digital.
Sebagai negara yang memiliki 1.239 warisan budaya dan menjadi negara yang memiliki situs warisan dunia UNESCO terbanyak di dunia merupakan salah satu kelebihan yang perlu dilestarikan secara berkelanjutan. Dari hal tersebut ternyata mampu mengantarkan pariwisata Indonesia hingga peringkat ke 32, yaitu naik 12 posisi dari 117 negara di seluruh dunia, sehingga berpengaruh kepada perkembangan ekonomi wilayah setempat hingga pendapatan negara.
Hal tersebut selaras dengan visi dan misi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia dan mengembangkan destinasi pariwisata kelas dunia dan melakukan pemasaran dengan berorientasi kepada wisatawan menjadikan peran budaya dan pariwisata menjadi jalan untuk ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh Indonesia.
Dari tema ini, tim diharapkan dapat mengembangkan inovasi project dengan tujuan untuk meningkatkan inovasi untuk sektor pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif mulai dari ekowisata, pengelolaan pariwisata, pemasaran bidang pemasaran, hingga ekonomi digital.
Contoh Case yang Termasuk:
Aplikasi Pemandu Wisata
Aplikasi Analisis Data Pariwisata Indonesia
Aplikasi Promosi Wisata
Aplikasi Peta Budaya
Ketentuan Utama:
- Challenge ini hanya terbuka untuk peserta Baparekraf Digital Talent 2024 dan masyarakat umum
- Project dibuat dengan teknologi Front-End Web dan Back-End
- Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
- Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
- Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
- Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
- Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End dan Back-End
- Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
- Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
- Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain.
- Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
- Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public.
- Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
- Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
- Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
- Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
Cara Pengumpulan:
Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:
- App ID: ID Grup Capstone (Untuk peserta BDT 2024) / Nama Aplikasi (Untuk peserta umum)
- Nama Aplikasi: Nama Aplikasi yang Dibuat
- Link Aplikasi: Deployed Link Aplikasi
- Komentar: Link Dokumen Project Brief
Kriteria Penilaian
Berikut adalah kriteria penilaian dari project brief capstone project:
- Ide dan Inovasi atau kebaruan
- Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
- Desain atau Kemudahan Penggunaan
- Manfaat bagi Pengguna
- Penyelesaian Proyek
Hadiah
- Gabungan tiga (3) pemenang dari peserta BDT dan umum di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim.
- Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.
Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.
Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.
Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.