SIB Dicoding Cycle 6 Capstone Project - Green Economy dan Green Jobs

SIB Dicoding Cycle 6 Capstone Project - Green Economy dan Green Jobs

Diselenggarakan oleh: Kampus Merdeka
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Bangunan Ramah Lingkungan, Mitigasi Krisis Air, Agrikultur, Agrowisata, Ekowisata, Pertanian Berkelanjutan.

Green economy (ekonomi hijau) adalah model ekonomi yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan dengan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini dicapai melalui berbagai sektor, seperti energi terbarukan, pertanian berkelanjutan, dan transportasi ramah lingkungan.

Green Jobs (pekerjaan hijau) adalah pekerjaan yang berkontribusi pada pelestarian atau pemulihan lingkungan dan mempromosikan pekerjaan yang layak.

Dengan adanya transisi ke green economy, maka hal tersebut membuka peluang besar untuk menciptakan pekerjaan baru, yaitu green jobs yang dapat diserap oleh masyarakat Indonesia.

Melalui tema ini, tim diharapkan dapat menciptakan sebuah inovasi teknologi yang dapat menjadi solusi cerdas dan efisien agar dapat melakukan transisi ke green economy dan green jobs. Tim dapat mengembangkan inovasi yang berkaitan dengan teknologi untuk mendukung bangunan ramah lingkungan, mitigasi (pengurangan) krisis air, agrikultur, agrowisata, ekowisata, dan pertanian berkelanjutan.

Contoh Case yang Termasuk:

  1. Aplikasi Pasar Sumber Daya Alam Berkelanjutan (petani & nelayan)

  2. Platform Desa Wisata (Agrowisata/Ekowisata)

  3. Aplikasi Monitoring Kualitas Air

  4. Aplikasi Melacak Sampah

  5. E-Commerce Pembelian Sayur Melalui Petani Lokal

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Cycle 6 - 2024
  • Project dibuat dengan teknologi Front-End Web, Back-End, dan React
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End, Back-End & React
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 
    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID -  ID Grup Capstone
  • Nama Aplikasi -  Nama Aplikasi/Nama Grup Capstone
  • Link Aplikasi -  Deployed Link Aplikasi
  • Komentar - Link Dokumen Project Brief

Kriteria Penilaian

Berikut adalah  kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan
  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
  • Desain atau Kemudahan Penggunaan
  • Manfaat bagi Pengguna
  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Maksimal dua (2) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.



Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 2 orang
Kuota pemenang
: 2 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 38 orang