SIB Dicoding Cycle 6 Capstone Project - Sosial, Budaya, Pariwisata, dan Lingkungan yang Berkelanjutan

SIB Dicoding Cycle 6 Capstone Project - Sosial, Budaya, Pariwisata, dan Lingkungan yang Berkelanjutan

Diselenggarakan oleh: Kampus Merdeka
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Wisata Pedesaan/Pertanian, Budaya dan Warisan, Inovasi Pariwisata, Evolusi Pariwisata Sejarah, Manajemen Rencana Perjalanan Wisata, Pelestarian Budaya Material, Kewirausahaan dan Pemasaran serta Bisnis Pariwisata.

Dalam bernegara, tentunya terdapat berbagai ekosistem kompleks yang menyusun hidup dan kehidupan para pelaku di dalamnya.

Ekosistem kompleks tersebut di antaranya adalah sosial, budaya, pariwisata, dan lingkungan yang berkelanjutan. Keempat elemen tersebut adalah sekian dari banyak penyusun kesejahteraan rakyat di sebuah negara.

Sosial mengacu pada interaksi dan hubungan antar manusia dalam bermasyarakat. Budaya merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang diwariskan secara turun-temurun. Kemudian pariwisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau lainnya. Lalu, lingkungan, yaitu segala sesuatu yang ada di sekitar manusia termasuk udara, air, tanah, dan makhluk hidup.

Dengan fokus terhadap kesejahteraan rakyat yang beriringan dengan eksistensinya sebuah teknologi di Indonesia, maka untuk mengembangkan ekosistem kompleks akan semakin mudah.

Melalui tema ini, tim diharapkan dapat mengembangkan inovasi teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan bagaimana cara masyarakat bersosialisasi, mencintai budaya, menjaga dan meningkatkan pariwisata, serta melindungi lingkungan secara berkelanjutan. Dalam hal ini, tim dapat membuat inovasi yang berkaitan dengan wisata pedesaan/pertanian, budaya dan warisan, inovasi pariwisata, hingga kewirausahaan dan pemasaran serta bisnis pariwisata.

Contoh Case yang Termasuk:

  1. Aplikasi Desa Wisata

  2. Aplikasi Ekowisata

  3. Aplikasi Pelestarian Budaya

  4. Aplikasi Promosi Budaya

  5. Aplikasi Pemesanan Wisata

  6. Aplikasi Pemantauan Lingkungan

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Cycle 6 - 2024
  • Project dibuat dengan teknologi Front-End Web, Back-End, dan React
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End, Back-End & React
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 
    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID -  ID Grup Capstone
  • Nama Aplikasi -  Nama Aplikasi/Nama Grup Capstone
  • Link Aplikasi -  Deployed Link Aplikasi
  • Komentar - Link Dokumen Project Brief

Kriteria Penilaian

Berikut adalah  kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan
  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
  • Desain atau Kemudahan Penggunaan
  • Manfaat bagi Pengguna
  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Maksimal dua (2) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.


Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 2 orang
Kuota pemenang
: 2 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 86 orang