SIB Dicoding Cycle 4 Capstone Project - Insklusifitas untuk Semua

SIB Dicoding Cycle 4 Capstone Project - Insklusifitas untuk Semua

Diselenggarakan oleh: Kampus Merdeka
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Pengembangan Kualitas Pendidikan, Akses Pendidikan yang Inklusif, Kesetaraan Gender, Penyandang Disabilitas, Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Pendidikan yang inklusif mengacu pada praktek penyediaan pendidikan yang sama dan kesempatan yang sama pula bagi seluruh individu, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Bukan hanya itu, pendidikan inklusif juga merujuk pada praktek untuk memberikan kesempatan belajar yang sama bagi setiap individu tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, suku, geografis, bahkan gender. Sehingga pendidikan yang inklusif ini diciptakan untuk menegaskan kembali bahwa pendidikan menjadi salah satu kekuatan untuk meningkatkan pembangunan berkelanjutan, khususnya di Indonesia. Lebih dari itu, pengembangan kualitas pendidikan yang inklusif juga dapat menjadi salah satu solusi bagi pencapaian kesetaraan gender di Indonesia. 

Melalui tema ini diharapkan peserta dapat memberikan solusi untuk mendukung pengembangan kualitas pendidikan yang inklusif di Indonesia. peserta dapat mengembangkan inovasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesetaraan gender dalam dunia pendidikan yang disajikan dalam bentuk informasi terkait gerakan kesetaraan gender, memperkenalkan tokoh-tokoh wanita Indonesia yang menginspirasi, sehingga dapat memberikan motivasi bagi perempuan Indonesia untuk mencapai impian mereka tanpa batasan. Pengembangan kualitas pendidikan yang inklusif juga dapat dilakukan melalui promosi kesempatan belajar seumur hidup bagi setiap individu sebagai upaya yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Bukan hanya itu, peserta juga dapat memberikan inovasi berupa website yang ramah penyandang disabilitas. Dalam konteks ini, penyediaan website atau aplikasi yang ramah penyandang disabilitas berarti website atau aplikasi yang dirancang dan dikembangan dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan berbagai jenis disabilitas, seperti disabilitas fisik, sensorik, kognitif, dan neurodiversitas. Hal ini sangat penting dalam konteks pemberdayaan dan inklusi sosial bagi penyandang disabilitas, sehingga mereka tidak merasa dikesampingkan dalam dunia digital. 

Salah satu contoh penerapan website atau aplikasi yang ramah penyandang disabilitas adalah dengan menyediakan fitur aksesibilitas, seperti tata letak dan navigasi yang mudah digunakan, pilihan warna kontras, ukuran font yang besar, gambar alternatif, serta transkripsi video dan audio.

Problemsetter: Tim Dicoding

Contoh Case yang Termasuk:

  • Website tentang edukasi belajar bahasa isyarat
  • Website tentang sistem informasi dan layanan pemberdayaan anak dan perempuan
  • Website tentang informasi kesetaraan gender, organisasi perempuan
  • Website tentang edukasi perkembangan teknologi
  • Website tentang informasi karir, pengembangan dan pelatihan soft skills

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Cycle 4 - 2023
  • Solusi dibuat dengan teknologi sesuai paket yang diambil, setidaknya salah satu dari:
    • Front-End Web 
    • Back-End
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End & Back-End
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. Harus start fresh repository dengan tanggal commit pertama adalah tanggal 16 Mei 2023 atau setelahnya.
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Project yang di hosting dengan domain mendapatkan nilai tambahan.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 

        Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.

  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID - Nama tim
  • Nama Aplikasi - Judul Project
  • Link Aplikasi - Bundel zip/ folder google sheet berisikan beberapa hal yang telah disampaikan pada capstone details.
  • Komentar - File atau bundel tambahan

Kriteria Penilaian

Berikut adalah persentase dan kriteria penilaian dari capstone project:

  • Ideation & proposal/plan capstone project: 25%
  • Capstone project, presentation dan video: 50%
    Nilai tim, dibagi menjadi:
    • Ide dan inovasi atau kebaruan: 20%
    • Dokumentasi dan fungsionalitas: 40%
    • Desain atau kemudahan penggunaan: 25%
    • Manfaat untuk pengguna: 15%
  • Hasil 360 feedback (anggota tim, mentor) di akhir capstone: 25%

Hadiah

  • Maksimal tiga (3) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 1)
Follower
: 17 orang