Smart Farm IoT Challenge

Smart Farm IoT Challenge

Diselenggarakan oleh: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
Hadiah:

10000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Internet of Things (IoT) tidak hanya menjadi suatu konsep yang mempengaruhi hidup manusia tetapi solusi berbasis IoT bisa membantu memudahkan kehidupan manusia. Untuk itu Dirakit dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif menantang makers di tanah air untuk membuat sebuah solusi kreatif berbasis IoT untuk menyelesaikan salah satu atau lebih masalah peternak ayam di Indonesia.

Masalah

Sebuah peternakan ayam memiliki dua fase dalam pemeliharaan ayam yaitu, fase bibit ke remaja dan fase penggemukan. 


Pada fase pertama pemelihara memesan bibit ke mitra untuk kemudian dibesarkan dengan cara menghangatkan dengan suhu tertentu menggunakan kompor gas modifikasi, memberi penerangan dengan lampu dan control makanan dengan intervensi pemelihara, masalah yang timbul di fase ini antara lain:

  • Control suhu manual sering tidak akurat
  • Penerangan lampu tergantung pemelihara
  • Control pemberian makan juga tergantung pemelihara

Pada fase kedua pemelihara memberi makan dan mengecek kebersihan kandang. Beberapa masalah yang timbul pada fase ini antara lain:

  • Control pemberian makan
  • Jumlah kotoran ayam yang mengumpul membuat ayam mudah sakit 

Dalam hubungan kerjasama pemelihara dan mitra memerlukan tingkat kepercayaan yang tinggi untuk menghindari kecurangan dari salah satu pihak, dan kegagalan pemeliharaan karena pemelihara kurang teliti.


Usulan Solusi

Dibutuhkan sebuah solusi cerdas untuk mengatasi masalah diatas. Untuk skala luas biasa dikembangkan self sustainable chicken veterinary dimana dengan solusi ini pemelihara dan mitra dapat melakukan monitoring pada fase-fase pemeliharaan ayam. Beberapa usulan solusi smart chicken veterinary adalah sebagai berikut:

  1. Kandang hijau
  2. Pemanas bibit ayam cerdas
  3. Lingkungan kandang ayam cerdas
    • Membuat kadang dengan power source mandiri, misalnya menambahkan solar cell dan accu sebagai sumber daya kelistrikannyanya.
    • Pemanas yang dapat diatur kapan nyala dan mati dari jauh, terdapat monitoring pemakaian gas atau timbangan gas dan mengirimkan notifikasi jika gas mau habis, terdapat sensor suhu untuk mengetahui suhu pemanasnya.
    • Lampu data menyala otomatis tergantung dengan kondisi cahaya optimal yang dibutuhkan, terdapat sensor suhu dan kelembapan kandang, terdapat sensor ammonia sebagai ukuran kebersihan kandang. Alat ini bisa berfungsi sebagai konsol offline dan online, serta bisa juga sebagai hub/gateway dari bagian project lain.
  4. Alat pakan otomatis
    • Alat yang dapat memberikan data berat pakan ayam yang telah diberikan dalam satuan harian ataupun per periode pemeliharaan.


Kriteria Penilaian

  • Harus dapat menyelesaikan salah satu atau lebih masalah para peternak ayam diatas.
  • Solusi berbasis IoT yang dibangun diatas hardware Arduino, Raspberry, Galiloe, Edison, dsb.
  • Solusi bisa memiliki software pendukung dalam bentuk aplikasi mobile atau web dengan menggunakan data dari sensor hardware, mengontrol hardware, atau kombinasi keduanya.
  • Solusi disubmit melalui platform dirakit kemudian dapat disubmit ke challenge berikut dengan menyertakan link project.
  • Wajib menjelaskan solusi yang dibuat, hardware yang dipakai, dan data yang diolah di dalam deskripsi produk pada halaman project.


Penjurian

  • Juri terdiri dari tim Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan Dirakit.
  • Keputusan juri adalah final.
  • Bobot penilaian terbesar adalah keunikan dari solusi yang dibuat.


Sumber Daya Pengembangan


Hadiah

  • Satu solusi IoT terbaik akan mendapatkan 10,000 Dicoding Point dan XP


Fasilitas Pendukung

  • Seluruh follower Smart Farm IoT Challenges dapat menggunakan fasilitas Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 1 orang
Kuota pemenang
: 1 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 28 orang