Deskripsi
Saat ini, bukan hanya smartphone/komputer yang dapat terkoneksi dengan internet, namun berbagai macam benda nyata juga dapat terkoneksi dengan internet, contohnya: rumah, mobil, tv, wearables, mesin industri, dan sebagainya. Di dunia bidang IT, konsep ini telah dikenal dengan istilah Internet Of Things (IoT). Suatu perangkat keras tertanam dalam benda nyata tersebut sehingga menjadi benda pintar dan dapat tersambung dengan internet. Kami menantang makers di tanah air untuk membuat sebuah solusi IoT untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam rumah.
Masalah
Semua orang berhak mendapatkan kenyamanan dengan kemudahan didalam rumahnya. Salah satu yang bisa diberikan adalah kemudahan dalam pengoperasian alat elektronik maupun non elektronik.
Usulan Solusi
Solusi untuk menyelesaikan masalah ini terbagi menjadi beberapa sbb:
- Solusi sensor untuk menampilkan informasi berbagai perangkat di rumah, misalnya sensor (kebocoran) gas dan sensor air gallon (habis).
- Solusi security bertujuan untuk meningkatkan keamanan rumah.
- Solusi otomasi, misalnya menarik jemuran otomatis (bila hujan), dsb.
- Solusi telemetrics, misalnya kontrol alat elektronik (lampu, kipas, ac, dsb)
Ketentuan
- Solusi berbasis IoT harus menyelesaikan salah satu atau lebih masalah dalam rumah.
- Solusi yang dibangun harus diatas hardware Intel (Galileo, Edison, atau Arduino 101)
- Hasil dari solusi IoT disubmit dalam platform dirakit kemudian dapat disubmit di challenge berikut dengan menyertakan link project.
- Wajib menjelaskan solusi yang dibuat, hardware yang dipakai, dan data yang diolah di dalam deskripsi produk di halaman project
Penjurian
- Juri terdiri dari tim Intel Indonesia dan Dirakit.
- Keputusan juri adalah final.
- Bobot penilaian terbesar adalah keunikan dari solusi yang dibuat.
Sumber Daya Pengembangan
Hadiah Utama
- Satu buah solusi IoT terbaik akan mendapatkan 10,000 Dicoding Point dan XP
Fasilitas Pendukung
- Seluruh follower Smart Home Dirakit IoT Challenges dapat menggunakan fasilitas Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.
Hak Cipta
Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.
Tipe Challenge
Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.
Submission
Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.
Challenge Selesai
Jumlah pemenang
: 1 orang
Kuota pemenang
: 1 orang (sisa kuota: 0)