AgnosThings Savvy Home Apps Challenges

AgnosThings Savvy Home Apps Challenges

Diselenggarakan oleh: Dicoding Indonesia
Hadiah:

2500

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Frequently Asked Questions

Q : Apakah aplikasi versi BETA boleh diikutsertakan?

A : Boleh, aplikasi versi BETA yang tidak tersedia Google Play Store, dapat melakukan submit ke challenge berikut dengan menyertakan link download APK dengan memilih platform Portfolio.

201603231804064ec61ab281886f13231006c754

Saat ini, bukan hanya smartphone/komputer yang dapat terkoneksi dengan internet, namun berbagai macam benda nyata juga dapat terkoneksi dengan internet, contohnya : rumah, mobil, tv, wearables, mesin industri, dan sebagainya. Di dunia bidang IT, konsep ini telah dikenal dengan istilah Internet  Of Things. Suatu perangkat keras tertanam dalam benda nyata tersebut sehingga menjadi benda pintar dan dapat tersambung dengan internet

Karena itu kami menantang para developer dan makers di tanah air untuk membuat sebuah solusi aplikasi menggunakan data yang dimiliki oleh AgnosThings untuk membuat solusi Savvy Home.


Masalah

Slogan “Rumahku, Istanaku” bisa di refleksikan dengan kenyamanan dan kemudahan  yang didapatkan bagi masing-masing pemilik atau penghuni rumah dengan tidak mengenal  tipe, bentuk, ataupun lokasi rumah. Semua orang berhak mendapatkan kenyamanan dengan kemudahan didalam rumahnya. Kenyamanan dan kemudahan yang didapatkan bisa berangkat dari satu hal yaitu sederhana dalam pengoperasiannya.


Solusi

Saat ini XL sudah mempunyai layanan Smart Home (Savvy Home) , untuk memperkaya fitur Smart Home

Berbagai macam fitur diperlukan untuk memperkaya layanan ini antara lain fungsi telematics, fungsi marketplace, atau fungsi security.


Fungsi Telematics

Fungsi  telematics atau sensor untuk menampilkan informasi berbagai perangkat yang dibutuhkan atau ada di rumah misalnya:

  • Sensor untuk managemen tabung gas, misalnya: notifikasi yang dikirimkan ke pengguna melalui mobile app secara real time bila ada kebocoran / bau gas atau gas habis.
  • Sensor air minum galon secara otomatis dan terjadwal.
  • Automasi lampu penerangan, misal: teras rumah, lampu taman , teras rumah, ruang tamu. Fitur automation (remote) via internet untuk menyalakan atau mematikan serta pengecekan apakah kondisi saat ini menyala atau mati.


Fungsi  Marketplace

Fungsi  marketplace bertujuan memudahkan pemlik rumah melakukan pemesanan untuk memenuhi kebutuhan baik dilakukan secara manual atau automasi (trigger dari sensor) misalnya:

  • Pengadaan Sembako secara otomatis dan terjadwal
  • Bisa melakukan order galon air otomatis


Fungsi Security

Fungsi security bertujuan untuk meningkatkan keamanan rumah, misalnya:

  • Notifikasi ke mobile app jika jendela rumah atau pintu dibuka secara paksa.
  • Notifikasi ke pos security melalui lampu / LED jika jendela rumah atau pintu dibuka secara paksa.


Ketentuan

Peserta adalah WNI dan dapat berkelompok dengan jumlah maksimal 3 orang per kelompok

  • Orisinalitas, peserta yang menggunakan asset pihak lain tanpa ijin/lisensi akan didiskualifikasi.
  • Hasil akhir yang disubmit di challenge berikut adalah versi BETA.
  • Aplikasi versi BETA yang tidak tersedia Google Play Store, dapat melakukan submit ke challenge berikut dengan menyertakan link download APK dengan memilih platform Portfolio.
  • Peserta dapat submit sampai dengan 5 karya di challenge berikut.
  • Aplikasi berbasis mobile atau website.
  • Data dapat berupa input dari IOT device atau dummy data yang diinput secara manual oleh developer 
  • Aplikasi wajib menggunakan API dari AgnosThings.
  • Keputusan juri adalah final.
  • Juri terdiri dari XL Axiata, Dicoding, IOT Developer Professional, Akademia, dan related of Professional Business Practice


Dokumentasi API

  • Dokumentasi mengenai pengembangan API AgnosThings dapat dilihat pada link berikut.
  • Developer dapat mendaftarkan diri untuk mengakses API AgnosThings pada website di alamat berikut dan berikut adalah paduan singkat mengenai AgnosThings.
  • Untuk anda developer game yang menggunakan Unity, anda dapat membuat aplikasi berbasis AgnosThings menggunakan Unity dengan melihat panduan singkat di link berikut.


Kriteria Penilaian

  • Kualitas, komponen UX, UI, keunikan aplikasi, icon dan splashscreen.
  • Komponen API dari AgnosThings yang dipakai (wajib).
  • Diperbolehkan menggunakan API lain diluar AgnosThings.


Hadiah

  • 10 Aplikasi terbaik masing-masing akan mendapatkan 2.500 XP dicoding.
  • Aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi terbaik pertama akan mendapatkan tambahan 15,000 XP Dicoding dan aplikasi terbaik kedua akan mendapatkan tambahan 5,000 XP Dicoding
  • Setiap aplikasi disubmit akan mendapat kesempatan dipromosikan lebih lanjut oleh XL Axiata.


Events


Fasilitas Pendukung

  • Seluruh follower challenge AgnosThings Savvy Home Apps Challenges dapat menggunakan fasilitas  Coworking Space di Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 5 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 10 orang
Kuota pemenang
: 10 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 46 orang