Deskripsi
Perkembangan teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini, termasuk masyarakat Indonesia. Terlebih dengan adanya pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas di luar, mengharuskan kita untuk melakukan seluruh kegiatan dari rumah.
Transformasi digital meningkat secara signifikan selama masa pandemi ini dan mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, di antaranya melaksanakan kerja dari rumah (work from home), belajar di rumah (study at home) untuk mahasiswa dan pelajar, hingga transaksi belanja pun dilakukan secara online.
Mendukung peningkatan transformasi digital, Indosat Ooredoo bersama Dicoding menggelar “IDCamp Developer Challenge 2021 yang mengusung tema : Karya Digital Millenials untuk Indonesia Semakin Tangguh dan Tumbuh”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tantangan kepada para developer millennials dalam berlomba-lomba menciptakan inovasi teknologi digital (produk) yang dapat membantu serta memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia.
Ketentuan Utama
- Developer Challenge ini terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).
- Peserta yang mengikuti challenge ini harus terdaftar di beasiswa IDCamp 2021. Jika belum, daftar terlebih dahulu melalui idcamp.indosatooredoo.com.
- Produk yang dibuat tidak dibatasi bentuknya (bisa dalam bentuk aplikasi mobile, web, atau pun teknologi lain).
- Platform untuk membuat produk juga tidak dibatasi (bisa menggunakan teknologi atau code studio apapun).
- Produk yang dibuat ditujukan untuk membantu masyarakat Indonesia.
- Produk yang dibuat bisa memilih tema di bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sumber Daya, Sosial, dan Budaya.
- Peserta diperbolehkan untuk membuat dan submit lebih dari 1 produk dalam challenge ini.
- Semua keputusan dan penilaian pemenang adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
- Pertanyaan seputar challenge ini dapat ditanyakan di forum diskusi challenge.
Kriteria Penilaian
- Ide atau inovasi dan kebaruan: 20%
- Fungsionalitas produk di Indonesia: 30%
- Manfaat untuk masyarakat Indonesia: 25%
- Desain dan kemudahan penggunaan: 25%
- Diberikan tambahan nilai jika:
- Produk tersedia untuk digunakan oleh publik (terpublikasi di store atau di hosting).
- Produk menggunakan data real-time/interaktif dan bukan data dummy atau local storage.
Hadiah
- 10 Produk terbaik akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 2.000 Dicoding Points.
- Points yang didapat dapat digunakan untuk belajar di Dicoding Academy atau ditukar dengan hadiah di Dicoding Rewards.
Cara Submit Produk
Submit produk yang dibuat ke platform challenge, dengan cara klik tombol "MASUKKAN APLIKASI" dan masukkan data sebagai berikut:
- App ID dan Nama Aplikasi : Diisi judul/nama solusi
- Link Aplikasi : link Store/Hosting/download solusi yang dibuat (boleh dalam google drive / dropbox / onedrive / dsb yang dapat diakses publik)
- Komentar : Diisi link Presentasi atau Video yang menjelaskan tentang penggunaan dan fitur solusi yang dibuat (Setiap peserta wajib mengumpulkan Presentasi atau Video)
Juri hanya melakukan penilaian untuk peserta yang melakukan submit sesuai dengan kriteria di atas.
Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan
- Apakah yang berbentuk aplikasi wajib untuk submit ke store?
Tidak, namun terpublikasi di store akan menambah nilai. - Bagaimana jika setelah pengumuman pemenang, ditemukan bahwa pemenang terpilih melakukan plagiasi atau pelanggaran hak cipta?
Jika terbukti melakukan plagiasi atau pelanggaran hak cipta, maka kemenangan peserta akan dianulir tanpa memilih pemenang baru. - Berapa lama proses penjurian akan dilakukan dan sampai kapan saya perlu memastikan produk dapat selalu diakses?
Proses penjurian akan berlangsung selama 7-15 hari kalender sejak penutupan Developer Challenge. Produk yang tidak dapat diakses akan langsung dianggap gugur / diskualifikasi.
Hak Cipta
Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.
Tipe Challenge
Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.
Submission
Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.
Challenge Selesai
Jumlah pemenang
: 10 orang
Kuota pemenang
: 10 orang (sisa kuota: 0)