#MakanTanpaSisa Instagram AR Filter Competition

#MakanTanpaSisa Instagram AR Filter Competition

Diselenggarakan oleh: DBS Foundation Coding Camp
Hadiah:

2000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Indonesia diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahun* dan 60% dari total sampah tersebut adalah sampah organik, termasuk sampah makanan.

13 juta ton sampah makanan dihasilkan setiap tahunnya, dan membuat Indonesia menjadi penghasil sampah makanan terbanyak ke-2 di dunia.

Masa depan lingkungan bergantung pada aksi nyata pemuda. Termasuk di bidang pengelolaan sampah. Makin banyak sampah artinya semakin banyak pula emisi karbon yang menyumbang pemanasan global. Karena itulah pola gaya hidup, konsumsi, produksi kita harus berubah demi kelestarian lingkungan.

Kemajuan pesat di bidang ekonomi digital seyogyanya berjalan seimbang dan upaya nyata menjaga kelestarian lingkungan. Dengan semangat yang sama, DBS yang tumbuh bersama di pasar Asia, berkomitmen untuk turut menjaga dan melakukan bisnis secara berkelanjutan (sustainable)Aspek lingkungan dan sosial adalah fokus perhatian kami. 

DBS di Indonesia, khususnya, juga menggencarkan inisiatif di bidang lingkungan. Salah satu program DBS untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan dan memberikan edukasi mengenai sampah makanan adalah dengan gerakan #MakanTanpaSisa, yang mengajak masyarakat dan kalangan muda untuk membawa perubahan, dimulai dari gaya hidup sehari-hari.

Dikutip dari www.waste4change.com, pengelolaan sampah makanan yang mendukung kelestarian lingkungan hidup dan menimalkan sampah di tempat pembuangan akhir, terdiri dari langkah-langkah berikut ini :

  • Mengurangi sisa makanan
  • Mendonasikan atau mendistribusikan kembali makanan yang berlebih/surplus
  • Menjadikan makanan berlebih/sisa sebagai pakan hewan
  • Melakukan komposting

“Gaya hidup minim sampah (zero waste lifestyle) menjadikan kita manusia yang peduli dan bertanggung jawab” (DK Wardhani, Menuju Rumah Minim Sampah, 2018)

Untuk bantu mewujudkan hal di atas, DBS mengajak rekan-rekan untuk ikut berkontribusi melalui karya  Augmented Reality (AR) Experience yang dapat memberikan edukasi seputar  makanan dan sampah makanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Beberapa contoh AR yang dapat dibuat adalah :

  • Edukasi makanan yang bergizi yang bisa dikonsumsi oleh balita / anak-anak / orang dewasa / orang tua
  • Edukasi cara membuat komposisi makanan yang benar
  • Edukasi makanan yang baik / buruk untuk dikonsumsi
  • Edukasi memilih bahan makanan yang baik
  • Edukasi meminimalisir sampah makanan
  • Edukasi mengenai kesadaran lingkungan khusunya mengenai mengurangi sampah makanan , bisa mempunyai efek yang baik terhadap kesehatan, lebih hemat biaya dan berdampak positif terhadap lingkungan
  • Edukasi kecukupan gizi berdasarkan makanan yang dikonsumsi , dsb

Mengapa AR? Saat ini AR menjadi tren di kalangan para milenial. Banyak tren AR yang lekat dengan keseharian kita. Filter di sosial media, salah satunya. Dengan Spark AR Studio, kita dapat membuat dan mempublikasikan efek filter buatan kita di Instagram Stories. Filter ini memberikan kesempatan bagi siapapun, termasuk non-developer, seniman, dan brand untuk menciptakan momen yang viral.


Kriteria Utama

  • Karya wajib meyertakan elemen/ simbol 'sparks' dari bank DBS. File bisa di download di : dicoding.id/sparklogo
  • Karya Anda berbentuk Filter Instagram terpublikasi.
  • Tema dari filter yang dibuat harus memberikan edukasi seputar makanan dan sampah makanan kepada seluruh masyarakat Indonesia
  • Peserta kompetisi harus mengisi data diri pada laman DBS Live More Society di link berikut : go.dbs.com/ARcompetition
  • Peserta kompetisi harus mengunggah filter yang telah dibuat ke social media pribadi (minimal satu kali) menggunakan template dicoding.id/templateDBS dan hashtag #MakanTanpaSisa #DBSxDicoding


Kriteria Penjurian

  • Juri terdiri dari tim DBS dan Dicoding.
  • Tingkat kreativitas dan edukasi dari karya AR yang dibuat akan menjadi nilai plus.
  • 100 karya terbaik akan kami pilih sebagai pemenang.
  • Masing-masing pemenang akan mendapatkan 2,000 Dicoding Point dan XP.
  • Keputusan juri adalah final.


Informasi Submission

Untuk melakukan submit aplikasi Anda diharuskan login terlebih dahulu kemudian pilih tombol "MASUKKAN APLIKASI". Setelah itu silakan melengkapi sesuai data berikut : 

  • Nama Aplikasi    : Nama Instagram Filter Anda
  • Link Aplikasi        : Link Instagram Filter (boleh published atau belum)
  • Komentar            : Halaman komentar diisi dengan :
    • Deskripsi filter yang Anda buat 
    • link screenshot dashboard sebagai bukti kepemilikan filter
    • link posting IG yang berisi filter yang telah dibuat ke social media pribadi (minimal satu kali) menggunakan template dicoding.id/templateDBS dan hashtag #MakanTanpaSisa #DBSxDicoding

* link filter yang tidak dapat diakses dan tidak mengisi kolom komentar sesuai persyaratan diatas dianggap gugur / diskualifikasi

Karya wajib meyertakan elemen/ simbol 'sparks' dari bank DBS. File bisa di download di : dicoding.id/sparklogo

Sebagai informasi, Anda membutuhkan waktu 5-7 hari kerja untuk mempublish filter di Instagram. Untuk itu, kami akan memberikan tambahan nilai untuk developer yang berhasil mempublish filter di Instagram.

Anda dapat mengubah submission selama challenge belum berakhir di menu submission. Sehingga Anda dapat submit link filter sementara yang belum dipublish dan diperbaharui kemudian setelah filter publish.


FAQ

  • Setelah saya mengirimkan filter di Dicoding, status submission pending. Apakah artinya filter saya ditolak?
    Tidak, status pending artinya filter kamu masuk ke dalam antrian pengecekan oleh admin dan juri. Semua submission akan diperiksa juri dalam waktu seminggu setelah challenge berakhir.


Sumber Daya Pengembangan


Syarat dan Ketentuan

  • #MakanTanpaSisa Instagram AR Filter Competition ( (kompetisi) adalah kompetisi filter Instagram terpublikasi (kreasi) , dimana kreasi tersebut harus mempromosikan edukasi tentang makanan dan sampah makanan. Kompetisi ini akan menggunakan platform :
    • Website mitra komunitas DBSI ( Dicoding ) :  https://www.dicoding.com/challenges/614
    • Website DBS Live More Society : go.dbs.com/livemoresociety
  • media sosial dari DBSI, Dicoding , peserta kompetisi
  • Kompetisi ini terbuka bagi developer dan umum untuk ikut serta sesuai dengan mekanisme kompetisi dan tidak dipungut biaya.
  • Akun media sosial peserta harus tidak dalam mode private.
  • DBSI dan Dicoding setiap saat berhak untuk membuat dan/atau mengubah dan/atau mengartikan dan/atau menerapkan kebijakan dan mekanisme untuk kompetisi.
  • Setiap syarat dan ketentuan serta aturan yang dibuat oleh DBSI dan Dicoding mengikat bagi peserta kompetisi.
  • Segala syarat dan ketentuan serta pelaksanaan dari kompetisi  tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  • Dalam hal terdapat klausul pada syarat dan ketentuan untuk kompetisi ini yang bertentangan dengan hukum atau undang-undang yang berlaku, maka hal ini tidak akan mempengaruhi efektifitas klausul-klausul lain yang tidak bertentangan.
  • Atas persetujuan peserta dari kompetisi, DBSI berhak menggunakan dan memberikan informasi dan data pribadi peserta kompetisi untuk keperluan kerjasama dengan mitra DBSI, termasuk pihak ketiga, dan kepentingan operasional serta pemasaran DBSI dan dengan ini peserta kompetisi memberikan persetujuannya kepada DBSI serta menjamin dan membebaskan DBSI dari segala risiko yang telah atau akan timbul sehubungan dengan penggunaan atau pemberian data pribadi peserta kompetisi tersebut.
  • DBSI berhak untuk melakukan pemeriksaan terhadap data dan keabsahan karya yang diserahkan peserta kompetisi setiap saat, tanpa memerlukan izin dari peserta. Apabila terdapat ketidaksesuaian informasi atau data, maka pemberian hadiah akan ditunda sampai DBSI mengeluarkan keputusan mengenai hal itu.
  • Kompetisi tidak berlaku bagi karyawan DBSI dan agensi penyelenggara beserta keluarga atau setiap orang yang berhubungan dengan administrasi atau hal lainnya sehubungan dengan Kompetisi ini.
  • DBSI memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan apapun terhadap tiap pelanggaran syarat dan ketentuan dari kompetisi.
  • Semua keputusan yang dibuat oleh DBSI yang berkaitan dengan kompetisi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Segala perselisihan yang timbul antara DBSI dan peserta kompetisi akan diselesaikan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila tidak tercapai kesepakatan maka penyelesaiannya akan dilakukan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di Jakarta.
  • Keikutsertaan dari kompetisi akan berakhir apabila:
    • Informasi dan/atau data yang diberikan pada saat keikutsertaan , tidak benar.
    • Peserta kompetisi meninggal dunia atau tidak berhak lagi menjalankan hak dan kewajibannya berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan hukum yang berlaku.
    • Melakukan atau terlibat perbuatan yang atau berpotensi mencemarkan atau merusak nama DBSI.
  • Peserta bertanggung jawab penuh atas karya yang diikutsertakan pada kompetisi dan siap menerima segala konsekuensi yang mungkin timbul di kemudian hari.
  • Peserta yang menggunakan aset pihak lain atau kloning lain tanpa izin/lisensi akan kami diskualifikasi.
  • DBSI tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai hasil karya yang dikirimkan bila terjadi penuntutan kepemilikan ataupun tuntutan kehilangan hak cipta atas karya yang diunggah/dikirimkan dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.
  • Peserta merupakan Warna Negara Republik Indonesia (WNI) yang mempunyai domisili di dalam wilayah Indonesia.
  • Peserta berusia minimal 18 tahun dan maksimal 50 tahun.
  • Peserta mempunyai tanda pengenal yang berlaku, yang termasuk di dalamnya adalah: (i) Kartu Tanda Penduduk (KTP) (ii) Surat Izin Mengemudi (SIM) (iii) Paspor.
  • DBSI akan meninjau kreasi yang diunggah oleh peserta dan berhak untuk menurunkan/tidak memamerkan/mendiskualifikasi, apabila:
    • Kreasi mengandung unsur SARA dan pornografi.
    • Kreasi yang diunggah terdapat produk ataupun elemen-elemen visual dari kompetitor DBSI.
  • Kreasi yang telah dianggap valid adalah yang telah memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  • PT Bank DBS Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 100 orang
Kuota pemenang
: 100 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 996 orang