Anak Indonesia Bijak Beraktivitas di Depan Layar

Anak Indonesia Bijak Beraktivitas di Depan Layar

Diselenggarakan oleh: Dicoding Indonesia
Hadiah:

1000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Anak-anak adalah tumpuan masa depan. Namun kini dengan tantangan pandemi, pendidikan anak-anak menjadi pertanyaan. Lewat Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid - 19 pertengahan Juni lalu, anak-anak di zona kuning, oranye, dan merah tak dapat melakukan pembelajaran tatap muka. Hal ini berlaku merata untuk level Pendidikan Anak Usia Dini hingga level pendidikan tinggi. 

Implikasinya, mayoritas anak-anak Indonesia kini belajar di rumah dengan pendampingan orang tua serta panduan dari pihak sekolah secara online. Peraturan ini berlaku definitif dan hanya melonggar ketika sebuah daerah dinyatakan sebagai zona hijau. 

Rutinitas baru ini telah berlangsung beberapa bulan ke belakang hingga waktu yang tak ditentukan. Banyak orang tua yang kian memberikan gadget alias gawai sebagai pilihan utama mengasuh anak. 

Faktanya, laporan Komisi Penyiaran Indonesia menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia ada di urutan ke-1 dalam urusan menonton siaran televisi terlama di antara negara-negara ASEAN. Anak Indonesia rata-rata menonton TV (dan main gadget) hingga 5-7 jam setiap hari. (Sebagai perbandingan, anak-anak di negara ASEAN lainnya sekitar 2-3 jam per hari.)

Apa dampaknya? Sebuah studi yang dilakukan oleh Paulus, et. al di NIH, 2018, menyatakan bahwa anak-anak dengan aktivitas depan layar (screen time) lebih 2 jam sehari akan memiliki skor berpikir dan bahasa yang lebih rendah. Studi ini tidak unik, melainkan banyak juga temuan serupa dari penelitian lainnya. 

Tantangan pada Dicoding Challenge menyambut Hari Anak Nasional 2020 ini cukup unik. Tugas Anda adalah menciptakan sebuah karya digital berupa web / android app / iOS app / lainnya yang memberikan kesadaran pada anak-anak dan orang tua tentang bijak beraktivitas di depan layar selama di rumah saja. Karya tersebut diharapkan bisa mendorong anak-anak untuk tetap berkreasi, bermain, belajar secara aktif di rumah tanpa sepenuhnya bergantung pada gawai (device). Output dari karya ini diharapkan mampu membangun bonding alias kelengketan antara anggota keluarga karena hubungan yang bermakna dan pengasuhan yang suportif adalah kunci bagi anak-anak Indonesia yang gembira. 

Inovasi Anda sangatlah kami tunggu. Anak-anak Indonesia adalah masa depan bangsa. Jika sukses mendidik anak-anak di masa kini, masa depan Indonesia akan cerah nanti. 

Dengan Dukungan Orang Tua, Anak Indonesia Bijak Beraktivitas di Depan Layar


Kriteria Utama dari Solusi yang Dibuat

  • Aplikasi yang dibuat harus terpublikasi atau dapat diakses oleh publik
    • Aplikasi Android - Dapat berupa APK atau link store
    • Aplikasi iOS - tersedia di store
    • Web - terhosting (bukan source)
    • Untuk Browser Extension/plugins harus tersedia di official store
  • Solusi dibuat oleh developer yang submit pada challenge ini.
  • Solusi bersifat fungsional (dapat digunakan), bukan mockup atau dummy.
  • Solusi boleh dibuat dengan bahasa apa pun selama mudah dipergunakan.
  • Source code tetap menjadi hak milik developer.
  • Kurang yakin dengan detail publikasi solusimu? Tanyakan di Diskusi/Pembahasan atau email challenge@dicoding.com
  • Semua asset yang dipergunakan harus dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya (pembelian, lisensi, atau ijin penggunaan)

Syarat peserta

  • Lulus satu atau lebih kelas Dicoding Academy


Submission

  • Nama Solusi dan App ID - Nama Solusi Anda
  • Link Solusi - Link publik Solusi Anda
  • Komentar - Link Slide atau docs yang berisi:
    • Latar belakang Solusi
    • Fungsionalitas Solusi
    • Screenshot/Link Screenshot Solusi (minimal 4 screenshot)
    • Screenshot/Link Screenshot Store Dashboard (wajib untuk App/Game Mobile, Browser Plugin/extensions)
    • (opsional) Video/Link Video Demo Solusi
    • (opsional) Pembelian/ izin penggunaan / lisensi asset atau karya dengan hak cipta

Sumber Daya Pengembangan

Kriteria Penilaian

  • Fungsionalitas Solusi (30%)
  • Dampak Solusi (30%)
  • Orisinalitas Solusi, Inovasi, dan ide (30%)
  • UI dan UX (10%)
  • Solusi yang sudah memiliki pengguna (dibuktikan dengan screenshot store atau screenshot dashboard analytics) akan mendapatkan nilai plus


 Detail Penjurian:

  • Tim Juri akan langsung mendiskualifikasi / menggugurkan Solusi dengan tautan publik yang tidak dapat diakses. 
  • Tim Juri dapat meminta penjelasan dan/atau meminta developer menunjukkan source code apabila diperlukan.
  • Tim Juri akan memeriksa Solusi setelah periode Challenge selesai dan membutuhkan waktu 7-14 hari kerja untuk memeriksa dan mengevaluasi seluruh solusi.
  • Peserta diperkenankan memperbarui submission sebelum Challenge berakhir.
  • Solusi akan gugur/diskualifikasi apabila peserta melakukan update setelah challenge berakhir, sampai diinformasikan pemenang challenge.
  • Peserta tidak diperkenankan mengambil asset, solusi, atau hak cipta pihak lain tanpa ijin atau lisensi yang jelas.
  • Peserta tidak diperkenankan kloning, reskin, dan menggunakan solusi dari pihak lain.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 5 orang
Kuota pemenang
: 5 orang (sisa kuota: 1)
Follower
: 294 orang