Deskripsi
Saat ini, bukan hanya smartphone/komputer yang dapat
terkoneksi dengan internet, namun berbagai macam benda nyata juga dapat
terkoneksi dengan internet, contohnya : mobil, tv, wearables, mesin industri,
dan sebagainya. Di dunia bidang IT, konsep ini telah dikenal dengan istilah
“Internet Of Things”. Suatu perangkat keras tertanam dalam benda nyata tersebut
sehingga menjadi benda pintar dan dapat tersambung dengan internet. Karena itu
kami menantang para developer dan makers di tanah air untuk membuat sebuah
solusi inovasi berbasis IOT (Internet Of Things) yang dapat digunakan untuk
membantu masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik dengan kriteria
sebagai berikut :
Kriteria Utama :
- Solusi berbasis IOT (Internet Of Things) yang
dibangun diatas hardware Intel (Intel Galileo, dsb) dalam bentuk Aplikasi Website/Aplikasi Mobile
yang dapat :
- Menggunakan data dari sensor hardware
- Mengontrol hardware dari Aplikasi Website atau Aplikasi Mobile
- Atau keduanya - Menggunakan layanan API dan Hardware SDK dari Geeknesia dan melakukan registrasi di Geeknesia. Peserta diwajibkan mengisi profil
di Geeknesia secara penuh meliputi biodata
diri dan foto profil.
- Solusi dari IOT harus salah satu dari 3 tema
yang telah disiapkan yaitu : smart building, smart home, dan transportation.
- Hasil dari solusi IOT (Internet Of Things)
didokumentasikan dalam bentuk video yang diunggah ke youtube dan disubmit dalam
bentuk link url ke challenge dicoding beserta link download Aplikasi Website atau Aplikasi Mobile yang dimasukkan ke dalam kolom komentar pada saat melakukan submit aplikasi.
- Wajib memperkenal nama (perorangan atau team),
mejelaskan solusi yang dibuat, hardware yang dipakai, dan data yang diolah
melalui geeknesia di dalam bagian awal dokumentasi video.
- Juri terdiri dari tim Dicoding, Intel Indonesia,
dan Geeknesia.
- Keputusan juri adalah final.
- Bobot penilaian terbesar adalah keunikan dari solusi
yang dibuat.
Hadiah Utama
Untuk 2 dari hasil solusi IOT (Internet Of Things) terbaik
akan mendapatkan hadiah sebesar 10.000 XP Dicoding.
Sumber Daya Pengembangan
Hak Cipta
Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.
Tipe Challenge
Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.
Submission
Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.
Challenge Selesai
Jumlah pemenang
: 2 orang
Kuota pemenang
: 2 orang (sisa kuota: 0)