Digital Challenge 2017 – Sport Digital Experience

Digital Challenge 2017 – Sport Digital Experience

Diselenggarakan oleh: Kominfo dan Ericsson Indonesia
Hadiah:

10000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

201708181440131b3ec1ea04ef2afc2fd7afe149d5406e.png

Dalam rangka mensukseskan Asian Games ke-18 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang, Kemkominfo, didukung oleh Ericsson Indonesia mengadakan sebuah hackathon online dengan tema “Feel The Experience Of Being Connected In 18th Asian Games 2018”.  Salah satu kategori nya adalah : Sport Digital Experience.

Asian Games adalah event olah raga terbesar di Asia. Asian Games ke-18 akan diadakan di Jakarta-Palembang pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang, dengan mempertandingkan 39 cabang olah raga, 52 disiplin, dan 426 pertandingan. Jakarta – Palembang akan menjadi sorotan Asia selama Asian Games ke-18 berlangsung, ketika 9.500 atlet, 5.500 ofisial dan wasit, 20.000 relawan dan tenaga kerja, serta 3.500 wartawan akan berada di Jakarta-Palembang untuk event ini.

Tema Sport Digital Experience adalah aplikasi untuk memperkaya dan menambah pengetahuan para penonton saat menonton pertandingan dan berinteraksi dengan acara olahraga atau informasi event di perangkat apapun. Beberapa contoh aplikasi yang dapat dibuat adalah :

  • Aplikasi untuk informasi penonton seperti live score, jadwal pertandingan, hasil pertandingan, analisis pertandingan, info atau berita seputar pertandingan, dan sebagainya
  • Aplikasi untuk memberikan dukungan kepada para atlet yang dapat dilakukan dengan cara baru (melalui digital)
  • Aplikasi untuk memberikan ekspose dan promosi untuk beberapa cabang olahraga yang kurang terkenal
  • Aplikasi atau game berbasis VR seputar olahraga atau acara
  • Aplikasi untuk informasi atau panduan mengenai cabang olahraga atau event yang berkaitan
  • Penjualan bersilang dengan operator. Misalnya penjualan paket data, paket data atau kuota gratis, pembayaran langsung yang menggunakan metode potong pulsa.
  • Aplikasi untuk feedback lansung dan rangkuman history saat latihan dan pertandingan untuk atlet dan pelatih.
  • Monetisasi dan melakukan optimasi operasional venue atau event melalui merchandising, pemesanan tempat duduk, dan logistik.

Untuk itu Kemkominfo melalui Digital Challenge 2017 ini menantang developer di Indonesia untuk membuat sebuah produk digital dengan tema Sport Digital Experience dengan ketentuan sebagai berikut.

Ketentuan Utama

  • Challenge ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia.
  • Hak Kekayaan Intelektual dari aplikasi yang dibuat tetap dimiliki oleh Developer.
  • 20 aplikasi terbaik diharuskan melakukan tanda tangan perjanjian menjaga kerahasian API yang akan dilakukan secara digital.
  • Ericsson menyediakan API yang dapat diakses secara terbatas oleh Developer. Peserta diharapkan untuk memaksimalkan penggunaan API Ericsson, dan akan merupakan nilai plus.
  • Peserta tidak hanya terbatas untuk menggunakan data yang tersedia melalui API Ericsson, tapi juga diperbolehkan untuk menggunakan dan membuat data lain, baik dari API luar maupun membuat simulasi/dummy data lainnya, serta sensor/hardware (atau emulator nya) untuk mengambil data pengukuran
  • Untuk Anda yang tidak memiliki akun publisher Google Play, Anda dapat menggunakan fasilitas Dicoding Store maksimal tanggal 20 September 2017.
  • Aplikasi atau game harus orisinil, peserta yang menggunakan asset pihak lain tanpa ijin/lisensi akan didiskualifikasi.
  • Juri terdiri dari tim Kemkominfo, INASGOC, Ericsson dan Dicoding.
  • Keputusan juri adalah final.

API yang dapat digunakan

Ericsson menyediakan API yang hanya dapat diakses secara terbatas oleh Developer. Untuk anda yang berminat untuk menggunakan API dari Ericsson untuk mengikuti Challenge ini, anda dapat melakukan registrasi di link berikut (sebelum tanggal 28 Agustus 2017 pukul 23:59) dan kami akan memberikan akses kepada developer terpilih pada tanggal 4 September 2017.

API yang disediakan oleh Ericsson mencakup :

  • Informasi untuk Event Asian Games.
  • Informasi live dari Event Asian Games.
  • Informasi secara real time untuk Event Asian Games.
  • Integrasi dengan billing system dari mobile operators

API yang disediakan adalah API yang berisi data dummy dan data pada Event sebelumnya dan dummy data dari suatu mobile operator.

Kami telah menyediakan Information Packs berikut yang dapat digunakan untuk ide pembuatan aplikasi :

Tutorial API Ericsson

Berikut adalah beberapa tutorial mengenai cara menggunakan API Ericsson yang dibuat diatas platform Android :

Kriteria Penilaian

  • Inovasi dari ide aplikasi.
  • User Interface dan User Experience dari aplikasi.
  • Kualitas dari aplikasi.
  • Keutungan atau implikasi untuk event dari aplikasi.
  • Jangka pemakaian atau plan jangka panjang dari aplikasi.
  • Penggunaan Ericsson API adalah nilai plus.

Hadiah Utama

3 Finalis terbaik diharuskan melakukan presentasi di Jakarta (peserta yang berasal dari luar Jakarta, seluruh transport dan akomodasi akan ditanggung oleh Ericsson Indonesia), di Kemkominfo, pada tanggal 28 September 2017 untuk  berkesempatan untuk mendapatkan 1 hadiah utama berupa perjalanan ke Ericsson Studio dan Ericsson Garage di Swedia, dan hadiah hiburan.

Sumber Daya Pengembangan

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 10 orang
Kuota pemenang
: 10 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 94 orang