Bluemix: Dukung Olahraga dengan Teknologi

Bluemix: Dukung Olahraga dengan Teknologi

Diselenggarakan oleh: IBM Indonesia
Hadiah:

10000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Indonesia telah secara resmi terpilih menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018. Berbagai persiapan tengah dilakukan untuk mensukseskan event olahraga multicabang tersebut. Dengan menjadi tuan rumah, kesempatan kontingen Indonesia untuk berbicara lebih banyak di level Asia terbuka lebar. Selain mendongkrak prestasi atlet, juga berpotensi untuk meningkatkan pendapatan/perekonomian. Ini karena Jakarta dan Palembang, dua kota yang akan menjadi kota tuan rumah Asian Games 2018, akan dikunjungi jutaan pengunjung dari mancanegara.

Sebagai pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia, Asian Games XVIII pada 2018 bukan hanya ajang kompetisi multieven yang menjadi barometer prestasi berbagai cabang olahraga. Kehadiran event olahraga berskala internasional di sebuah negara, selain mengangkat nama baik serta menjadi kebanggaan negara tersebut, juga diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi secara masif.

Seiring berkembangnya jaman, kita melihat banyak sekali pemanfaatan teknologi di bidang olahraga, baik untuk membantu atlit dan pelatih mengukur performa, membantu juri dalam melakukan penilaian, maupun memperkaya pengalaman para penonton dalam menikmati pertandingan olahraga.

Oleh karena itu IBM Indonesia berinisiatif untuk menantang developer di tanah air untuk membuat sebuah produk digital (games/apps) berbasis mobile menggunakan IBM Bluemix Platform yang dapat memberikan nilai lebih khususnya secara digital kepada Indonesia sebagai tuan rumah event Olahraga, khususnya Asian Games 2018.


Solusi

Saat ini IBM mempunyai sebuah platform lengkap yaitu IBM Bluemix, di dalamnya terdapat microservices yang dapat digunakan unutk membangun solusi dengan cepat. Anda dapat menggunakan Bluemix untuk berbagai macam project diantaranya : Compute, Mobile, Network, Storage, Data & Analytics, Internet of Things, DevOps. Security, Aplication Services, Mobile, Watson dan Integrate.


Kriteria Penilaian

  • Kualitas, keunikan solusi, pemanfaatan layanan yang ada pada IBM Bluemix Platform.
  • Wajib menggunakan minimal dua service IBM Bluemix Platform, jenis service yang digunakan bebas dan dicantumkan dalam bagian komentar pengumpulan
  • Dapat mengkombinasikan dan mengintegrasikan satu atau beberapa layanan yang ada didalam IBM Bluemix Platform.
  • Aplikasi atau game yang dibuat harus harus fokus untuk memberikan nilai tambah untuk Indonesia sebagai tuan rumah event Olahraga, khususnya Asian Games 2018.
  • Mencantumkan logo Bluemix pada splash screen ataupun bagian about/credit pada aplikasi/games
  • Solusi dapat digabungkan dengan platform, hardware, sensor, dan lain-lain
  • Produk harus dapat dijalankan/diaplikasikan dan dapat berjalan di platform Android atau iOS (bisa salah satu)
  • Produk harus sudah publish di Google Play Store atau App Store.
  • Untuk anda, developer yang tidak memiliki akun Google Play Store dapat mempublish aplikasi melalui Dicoding Store maksimal 29 Januari 2017 pk 00:00.


Sumber Daya Pengembangan

 

Artikel Bluemix :

  • Belajar Menganalisa Karakter Seseorang dengan IBM Bluemix Watson Personal Insights
  • Membangun Aplikasi Android dengan IBM MobileFirst Services Starter
  • Belajar Menganalisis Sentimen Netizen dengan IBM Bluemix Twitter Insights
  • Belajar Membangun Flow Aplikasi Internet of Things dengan IBM Bluemix Node-RED
  • Belajar Menggunakan Layanan IBM Bluemix Cloudant NoSQL

 

Rekomendasi Topik :

  • Aplikasi/games untuk turis, rekomendasi pertandingan dan venue yang dapat dikunjungi,
    • dukungan transportasi
    • akomodasi
    • jadwal pertandingan
    • fasilitas umum terdekat
  • Informasi untuk delegasi tim yang bertanding
  • Trip Planner
  • Pengingat jadwal dan hasil pertandingan secara live
  • Analisis sentimen untuk prediksi hasil pertandingan
  • Penggunaan peranti cerdas untuk suporter dan dukungan penonton
  • Crowdsourcing, cyber, dan netizen journalism
  • Platform untuk akusisi dan Analisa data dari berbagai sensor yang mungkin diterapkan di Asian Games
  • Sistem untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada para atlet yang bertanding 


Penjurian

· Juri terdiri dari tim IBM Indonesia.

· Keputusan juri adalah final.

· Bobot penilaian terbesar adalah keunikan dari aplikasi/game yang dibuat berikut orisinalitasnya


Hadiah

· 1 Aplikasi terbaik akan mendapatkan 10,000 point dicoding


Fasilitas Pendukung

· Seluruh follower challenge ini dapat menggunakan Fasilitas coworking di Dicoding Space, Jl. Batik Kumeli 50 Bandung selama periode challenge.


FAQ

  • Bagaimana memperpanjang trial bluemix?
    • Untuk rekan-rekan yang berstatus civitas akademik, baik siswa/i, mahasiswa/i maupun bapak/ibu dosen pengajar, dapat mengusulkan diri untuk mendapatkan trial IBM Bluemix selama 12 bulan dengan mengirim softcopy Kartu Rencana Studi yang masih aktif bersama dengan identitas. Info lebih lanjut dapat diklik di link berikut https://ibm.onthehub.com/WebStore/OfferingDetails.aspx?o=b46379bb-0463-e611-9420-b8ca3a5db7a1

    • Untuk selain akademisi, bisa menggunakan akun bluemix trial (baru) atau memasukkan informasi kartu kredit.

  • Bagaimana mensubmit app/game via akun playstore saya sendiri?
  • Apakah kalau pada saat deadline aplikasi saya belum published di playstore/appstore dapat diikutkan?
    • Tidak. Aplikasi/games harus sudah publish di playstore/appstore pada saat deadline challenge.
  • Jika saya ada mengupload di Dicoding Store dan ingin mengupdate aplikasi/games saya, apakah prosedur yang harus saya lakukan?
    • Lakukan proses update pada menu Developers -> Dicoding Store -> Daftar Submission
    • Reupload bundel baru dan tunggu verifikasi admin (2x24 jam)
  • Jika saya mengupload bundel baru / update di Dicoding Store setelah batas upload 29 Januari 2017, apa yang akan terjadi?
    • Bundel Aplikasi/games baru/update yang diupload di Dicoding Store akan ditolak oleh Admin

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 1 orang
Kuota pemenang
: 1 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 94 orang