Maksimalkan Potensimu dengan Fitur Terbaru Dicoding Mentoring_ Raih Skill yang Dicari Industri!

Maksimalkan Potensimu dengan Fitur Terbaru Dicoding Mentoring

Dicoding Mentoring adalah layanan terbaru dari Dicoding untuk mendapatkan beragam manfaat mentoring khususnya di bidang IT.

Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk berdiskusi dengan salah satu Mentor Dicoding terbaik secara online dengan durasi 30 menit secara langsung dan privat.

Dicoding mentoring

đź’» Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Mengapa Dicoding Mentoring Penting?

Dicoding Mentoring adalah fitur yang dibuat untuk membantu seseorang (Mentee) mencapai tujuannya melalui bimbingan dan dukungan dari orang yang lebih berpengalaman (Mentor). Fitur ini menawarkan banyak manfaat bagi Mentee dan Mentor. Berikut beberapa alasan pentingnya mentoring.

  1. Pengembangan Diri dan Karier:
    • Memperoleh Panduan dan Dukungan: Mentor dapat memberikan arahan dan saran yang tepat berdasarkan pengalaman mereka. Hal ini akan sangat membantu Mentee untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan mereka.
    • Meningkatkan Keahlian dan Pengetahuan: Mentee dapat belajar dari keahlian dan pengetahuan Mentor, memperluas wawasan hingga meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang tertentu.
    • Membangun Jaringan dan Koneksi: Mentoring dapat membantu Mentee untuk membangun jaringan profesional dan membuka peluang baru dalam karier mereka.
  2. Pengembangan Kepemimpinan:
    • Belajar dari Pemimpin yang Berpengalaman: Mentor dapat berbagi wawasan dan strategi kepemimpinan dengan Mentee berdasarkan pengalamannya masing-masing. Hal ini dapat membantu untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka sendiri.
    • Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Interpersonal: Mentoring dapat membantu Mentee untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan interpersonal mereka, yang penting untuk menjadi pemimpin yang efektif.
    • Mengembangkan Pola Pikir Strategis: Mentor dapat membantu Mentee untuk mengembangkan pola pikir strategis dan membuat keputusan yang lebih baik.
  3. Manfaat Bagi Mentor:
    • Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman: Memungkinkan Mentor untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dengan orang lain, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan orang lain.
    • Meningkatkan Keterampilan Interpersonal: Mentoring dapat membantu Mentor untuk meningkatkan keterampilan interpersonal mereka, seperti komunikasi, empati, dan pendengar aktif.
    • Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Rasa Tujuan: Mentoring dapat memberikan Mentor rasa puas karena dapat membantu orang lain untuk mencapai potensi mereka.

Benefit mentoring

Siapa itu Mentor?

Saat ini, lebih dari puluhan mentor telah bergabung pada platform Dicoding Mentoring. Mereka merupakan tim Dicoding Elite yang telah dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh tim Dicoding. 

Salah satunya kriterianya adalah seorang Mentor wajib memiliki pengalaman di industri minimal 1 (satu) tahun. Hal ini Dicoding lakukan guna memastikan setiap Mentor bukan hanya sekadar menguasai ilmu secara teori, tapi juga telah mempunyai pengalaman praktis.

Bagaimana cara mentoring?

Kamu perlu memiliki sebuah kode voucher sebelum mengakses platform ini. Kamu dapat membeli kode voucher tersebut melalui tautan berikut: dicoding.id/whatsapp.

“Dapatkan promo diskon khusus untuk setiap pembelian kode voucher hingga 50% dengan menunjukkan artikel ini pada saat melakukan pembelian via WA Dicoding.”

Setelah memiliki sebuah kode voucher, kamu dapat mengakses laman berikut ini untuk dapat memilih Mentor. Kamu dapat memilih Mentor yang menguasai topik yang sedang kamu pelajari atau ingin didiskusikan.

Jika kamu sudah memilih Mentor, silakan klik button “Book mentoring” untuk memilih jadwal yang tersedia. Kemudian, isi form yang telah disediakan dan jangan lupa masukkan kode voucher yang sudah dimiliki sebelumnya.

Jika sudah selesai mengisi form, silakan klik Confirm untuk menyelesaikan proses book mentoring. Link Google Meet akan otomatis dibuat dan akan masuk ke Google Calendar. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu sesi akan dilaksanakan sesuai jadwal.

Itulah penjelasan mengenai fitur terbaru, Dicoding Mentoring! Selengkapnya, kamu bisa melihat detailnya di laman berikut ini.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.