Berkenalan dengan Jurusan Sistem Informasi

Berkenalan dengan Jurusan Sistem Informasi

Pernahkah kamu mendengar istilah sistem informasi? Apakah kamu sering menukarkan makna sistem informasi dengan teknik informatika? Serupa, tetapi tak sama, begitulah mereka. Istilah ini tentu harus diketahui ketika terjun dalam dunia yang berkaitan erat dengan informasi.

Ilmu tentang sistem informasi juga dipelajari dalam bangku perkuliahan di Indonesia. Beberapa universitas pun menyediakan jurusan yang mempelajari bidang ilmu ini secara khusus. Apakah kamu termasuk salah satu yang ingin mempelajarinya lebih dalam? Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk berkenalan sejenak dengan jurusan Sistem Informasi.

 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Pengertian dan Tujuan

Sebelum mengetahui jurusan ini lebih dalam, mari kita cari tahu artinya terlebih dahulu. Arti jurusan ini secara sederhana tentu sudah bisa ditebak, yaitu pendalaman lebih lanjut terkait ilmu sistem informasi di bangku perkuliahan. Namun, apakah sistem informasi itu?

Jika kita mengartikannya secara mendasar dan merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sistem informasi berasal dari dua kata, yaitu sistem dan informasi.

Sistem memiliki arti “(1) perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas; (2) susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dan sebagainya; dan (3) metode.” 

Informasi memiliki arti “(1) penerangan; (2) pemberitahuan atau berita tentang sesuatu; dan (3) keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu.”

Jika disimpulkan, menurut KBBI sistem informasi dapat berarti perangkat unsur yang berkaitan mengenai kabar atau berita tentang sesuatu, bisa juga pengetahuan. Selain itu, ini juga dapat berarti metode untuk menyampaikan sebuah kabar atau berita.

Namun, bagaimana menurut para ahli? Menurut Soeherman & Pinontoan (2008), sistem informasi adalah seperangkat alat berupa sumber daya manusia, data, teknologi, serta aturan untuk mengelola dan menghasilkan informasi yang dapat berharga bagi pengambilan keputusan.

Adapun Sutabri (2012) berpendapat bahwa sistem informasi adalah suatu sistem yang mengatur perihal pertemuan antara kebutuhan pengolahan data harian dengan kegiatan strategi dalam penyediaan laporan data tersebut untuk mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial.

Dari beberapa pengertian tersebut, kita dapat simpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu rangkaian alat atau perangkat yang digunakan untuk mengelola dan menghasilkan data atau informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan serta mendukung fungsi organisasi.

Berdasarkan kesimpulan itu, tujuan dari sistem informasi tentulah menghasilkan suatu informasi, seperti data, hasil analisis, dsb., yang dapat berguna bagi sebuah organisasi untuk mengambil keputusan.

Hal yang Dipelajari

Kita sudah membahas pengertian dan tujuannya. Kini saatnya kita mengetahui hal-hal yang dipelajari dalam jurusan ini lebih lanjut.

Algoritma 

Menurut KBBI, algoritma adalah “prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas.” Algoritma tentu penting untuk dipelajari dalam membangun sebuah sistem informasi.

Kumpulan data pastilah memiliki serangkaian pola tertentu yang bisa dipelajari. Dengan adanya algoritma, kita dapat menentukan langkah-langkah yang pas dalam memahami pola-pola tersebut. Ini tentunya penting dalam membangun sistem informasi yang baik.

Pemrograman

Selain algoritma, kamu akan mempelajari pemrograman. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar untuk membangun sebuah program menggunakan bahasa pemrograman. Lebih dalamnya, kamu akan membuat program dalam bentuk aplikasi. 

Dalam membangun sebuah sistem nantinya, pembuatan aplikasi ini akan bermanfaat untuk pengelolaan data yang lebih terstruktur dan bisa juga menjadi media visualisasi.

Data dan Basis Data

Berkutat dengan informasi tentunya berkaitan dengan data juga. Apalagi, sistem ini dibutuhkan dalam pengambilan keputusan pada suatu organisasi. Data pastilah menjadi salah satu komponen utama yang harus diperhatikan.

Dalam jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari ilmu data secara mendalam, mulai dari analisis hingga visualisasinya. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara menyimpan dan mengelolanya pada basis data.

Jaringan Komputer

Ketika kamu membangun sebuah sistem informasi, kamu perlu memikirkan cara sistem tersebut mengakomodasi berbagai komponen yang tersedia di dalamnya. Nantinya, hal ini berkaitan erat dengan akses informasi.

Oleh sebab itu, dalam jurusan ini nantinya jaringan komputer akan dipelajari. Selain itu, hal-hal terkait dengannya juga ikut didalami, seperti perancangan dan pembangunan infrastruktur, serta pengelolaan dan perawatannya.

Manajemen

Ini adalah salah satu ciri unik dari jurusan ini, yaitu belajar manajemen. Hal tersebut penting untuk dipelajari karena tujuan ilmu ini yang berguna dalam pengambilan keputusan. Perlu diketahui, manajemen adalah pemanfaatan sumber daya, baik itu manusia maupun benda lainnya.

Bagian ini mungkin cukup seru untuk kamu yang tertarik dengan ilmu sosial. Nantinya, kamu akan mempelajari isu sosial, etika, serta permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi berkaitan dengan informasi. Kamu akan mendalami cara menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan teknologi.

Komunikasi Bisnis

Selain manajemen, inilah hal unik lainnya yang dipelajari dalam jurusan ini, yakni komunikasi bisnis. Komunikasi adalah cara untuk bertukar informasi. Oleh sebab itu, wajar jika hal ini dipelajari dalam membangun sistem informasi.

Komunikasi yang akan dipelajari dalam jurusan ini lebih fokus pada bidang bisnis. Hal ini tentunya akan sangat berguna ketika terjun di dunia kerja. Kamu akan mempelajari berbagai teknik komunikasi yang berkaitan dengan bisnis, seperti negosiasi, pembuatan proposal, dan presentasi.

Prospek Karier

Nah, kamu telah mengetahui hal-hal yang akan dipelajari dalam jurusan ini. Selanjutnya, mari kita bahas prospek karier setelah belajar pada jurusan ini.

System Analyst

Pekerjaan ini fokus pada perencanaan, perancangan, hingga penerapan sistem dalam suatu organisasi. Menurut Glassdoor, gaji yang ditawarkan untuk posisi ini di Indonesia berkisar dari angka Rp6.400.000 hingga Rp13.800.000.

Data Scientist

Profesi ini fokus pada pengumpulan, analisis, hingga penafsiran data untuk pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini di Indonesia berkisar dalam rentang angka Rp8.400.000–Rp19.200.000 menurut Glassdoor.

Business Analyst

Jika kamu suka teknologi serta hal-hal terkait dengan bisnis, salah satu pekerjaan ini bisa dicari tahu lebih lanjut. Peran ini fokus kepada perancangan sistem atau alat-alat teknologi untuk menyelesaikan permasalahan bisnis. Menurut Glassdoor, gajinya di Indonesia berkisar di antara angka Rp7.900.000–Rp16.200.000.

IT Consultant

Mirip-mirip dengan pekerjaan sebelumnya, IT consultant lebih fokus untuk membantu klien dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan penggunaan atau implementasi teknologi. Glassdoor mencatat gaji untuk posisi ini di Indonesia berkisar dalam rentang angka Rp6.700.000–Rp14.300.000.

Database Administrator

Rekomendasi terakhir dari kami yang bisa kamu cari tahu lebih lanjut adalah database administrator. Posisi ini fokus pada pengelolaan basis data yang dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Rentang gajinya di Indonesia menurut Glassdoor berkisar dari angka Rp5.500.000 hingga Rp15.800.000.

 

Begitulah pengetahuan yang telah kita bahas bersama mengenai jurusan Sistem Informasi, mulai dari pengertian, tujuan, hal yang dipelajari, hingga prospek kariernya. Ingat pertanyaan awal kita tentang bedanya sistem informasi dan teknik informatika?

Jika kamu berpikir bahwa sistem informasi lebih fokus pada pengelolaan informasi beserta teknologinya untuk mengambil keputusan dalam organisasi (bisnis) dan teknik informatika lebih mengarah kepada pengembangan teknologi informasi (termasuk di dalamnya perangkat lunak dan jaringan komputer) secara keseluruhan, selamat, kamu benar!

Jadi, jangan sampai tertukar lagi, ya, makna dari kedua istilah tersebut.😅 Pastikan juga kamu mengambil jurusan dengan minat sesuai dengan arah yang telah ditentukan.

Apakah kamu berminat untuk mempelajari jurusan ini? Jika iya, semangat, ya! Teruslah haus akan ilmu dan rajin mempelajari hal-hal baru!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.