Feedback untuk Optimalkan Pembelajaran: Edisi September 2024

Feedback untuk Optimalkan Pembelajaran: Edisi September 2024

Pada artikel sebelumnya, kita membahas pentingnya constructive feedback. Berbeda dengan komentar biasa, constructive feedback menyampaikan kritik dan saran secara positif, spesifik, dan dapat ditindaklanjuti (actionable). Jenis feedback (umpan balik) ini membantu individu memahami kelebihan dan kekurangan sehingga mereka bisa lebih fokus memperbaiki diri dan terus berkembang.

Feedback pada Platform Dicoding 

Itulah gambaran mengenai betapa pentingnya memberikan feedback yang bersifat constructive. Dicoding, sebagai perusahaan yang selalu terbuka terhadap masukan, menyediakan berbagai kesempatan bagi siswa untuk memberikan masukan. Baik itu setelah menyelesaikan suatu kelas (course level feedback), saat ingin mencetak sertifikat, maupun selama proses belajar di setiap akhir modul kelas (module level feedback).

Setiap umpan balik yang diterima merupakan aset yang sangat berharga bagi kami sebagai curriculum developer. Umpan balik positif memberi kami motivasi dan kebahagiaan untuk terus berkontribusi, sementara constructive feedback sama berharganya karena membantu kami meningkatkan kualitas kelas.

Tahukah kamu? Antusiasme siswa Dicoding dalam memberikan umpan balik juga cukup luar biasa, loh. Setiap tahunnya, jumlah umpan balik yang diterima oleh Dicoding terus bertambah. Hingga saat ini, lebih dari 473.350+ feedback telah diberikan, dengan rata-rata rating mencapai 4.86. Sebuah angka yang sangat mengesankan untuk sebuah platform pembelajaran online.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Total Feedback Kelas Dicoding All Year

Feedback Pilihan 

Nah, sesuai dengan janji pada artikel sebelumnya, kali ini, kita akan memilih beberapa feedback terbaik yang kami terima pada bulan September 2024. Yuk, cekidot!

Umpan balik pertama kita awali dengan umpan balik pilihan yang menarik. Umpan balik datang dari Muhammad Arfani Asra yang telah menyelesaikan kelas Belajar Pengembangan Machine Learning.

Saya sangat puas dengan seluruh materi, kuis, dan submission yang disediakan di kelas ini. Cukup merangkum hampir semua ranah AI atau ML, dijelaskan dengan sederhana, praktiknya mudah diikuti, dan banyak tantangan yang membantu saya belajar dan memahami tentang Machine Learning. Ini kembali membakar semangat saya untuk terus mendalami bidang ini.”

Wah, membaca umpan balik dari Muhammad Arfani Asra membuat kami di Dicoding sangat senang dan bersyukur bisa menyediakan materi yang membangkitkan semangat siswa untuk terus mendalami Machine Learning. Tetap semangat ya, belajar Machine Learning-nya!

Selanjutnya, mari kita simak umpan balik kedua yang merupakan contoh feedback constructive. Umpan balik ini datang dari Affa Lelira Ibrahim yang telah berhasil menuntaskan kelas Belajar Dasar Git dengan GitHub. Berikut umpan balik yang dia sampaikan.

Feedback of the month

Selain memberikan umpan balik positif dari sisi umpan balik secara keseluruhan, beliau juga memberikan feedback constructive pada bagian evaluasi pembelajaran seperti berikut.

“Bener banget, setiap materi ada langkah-langkah proses di GitHub-nya. Gambarnya pun jelas banget, tetapi ada beberapa gambar yang kadang aku, ketika belajar tadi, suka lost sight karena bingung mencari di sebelah mana tempat tombolnya. Mungkin ke depannya bisa ditambahkan kotak merah di gambarnya (ada beberapa gambar yang tidak ada). Terima kasih.”

Seperti yang terlihat, umpan balik yang diberikan sangat lengkap. Selain menyoroti hal positif dari kelas, umpan balik ini juga memberikan saran membangun untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa lainnya. Dengan umpan balik tersebut, siswa bisa menyampaikan masukan secara tepat, sementara penerima umpan balik mendapatkan wawasan baru yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas kelas.

Kami sangat menghargai semua umpan balik yang telah diberikan oleh siswa. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan selamat kepada Muhammad Arfani Asra dan Affa Lelira Ibrahim atas umpan balik mereka yang terpilih pada bulan ini! Keduanya akan kami hubungi melalui email untuk mendapatkan hadiah spesial dari kami.

Tindak Lanjut dari Feedback

Berdasarkan umpan balik dari Affa, kami lalu mengecek materi kelas Belajar Dasar Git dengan GitHub dan menemukan bahwa memang bisa membingungkan saat mempelajari tampilan halaman GitHub hanya melalui screenshot. 

Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menyesuaikan semua screenshot yang menyoroti tombol atau fitur dengan meng-highlight menggunakan kotak merah.Tindak Lanjut Feedback Edisi September 2024

Nah, dari sini, sudah tahu ‘kan seperti apa manfaat dari constructive feedback, baik bagi yang menerima, maupun yang memberikannya?

Secara umum, constructive feedback mampu menciptakan budaya pembelajaran berkelanjutan (continuous learning) untuk kedua belah pihak. Lebih rinci lagi, bagi penerima umpan balik, ini memberikan mereka wawasan tentang keunggulan dan area yang perlu ditingkatkan, serta meningkatkan kualitas dan kepercayaan diri. Di sisi lain, pemberi umpan balik dapat mengasah kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi dengan cara yang positif, dan secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi orang lain.

Seiring dengan semangat pembelajaran berkelanjutan, kabar baiknya, kita akan lanjut memilih feedback terbaik berikutnya untuk bulan Oktober 2024. Umpan balik terbaik akan mendapatkan hadiah spesial dari Dicoding. Selain itu, umpan balik kamu juga akan kami tampilkan di blog dan sosial media Dicoding. Jadi, tunggu apa lagi? Segera berikan constructive feedback terbaikmu setelah belajar di kelas Dicoding, ya! Siapa tahu, feedback-mu nanti akan terpilih menjadi feedback of the month!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.