Mengenal Hardware Komputer: Sejarah dan Jenisnya yang Perlu Kamu Tahu!

Mengenal Hardware Komputer: Sejarah dan Jenisnya yang Perlu Kamu Tahu!

Pada zaman sekarang, hampir semua aktivitas kita berkaitan dengan komputer, baik belajar, bermain, maupun bekerja. Namun, tahukah kamu apa saja komponen penting yang membuat sebuah komputer bisa berfungsi dengan baik? Komponen-komponen tersebut dikenal dengan istilah hardware atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah perangkat keras

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang apa itu hardware, jenis-jenisnya, serta bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu. Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Hardware?

Hardware adalah semua komponen fisik yang membentuk sebuah komputer dan dapat disentuh secara langsung. Dalam bahasa Indonesia, hardware sering disebut sebagai perangkat keras. Komponen ini mencakup berbagai bagian, seperti prosesor, memori (RAM), storage drive, motherboard, dan perangkat input-output, seperti keyboard dan mouse

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Tanpa hardware, sebuah komputer tidak dapat melaksanakan tugasnya. Dengan kata lain, hardware adalah “tubuh” dari yang memungkinkan komputer bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pengguna melalui perangkat lunak.

Processing Unit

Bagian penting dari sebuah komputer tentunya adalah alat untuk melakukan pemrosesan, pada dasarnya pemrosesan pada komputer adalah sebuah perhitungan matematika dalam sistem biner, yang terdiri atas angka 0 dan 1. Setiap operasi yang dilakukan oleh komputer, mulai dari menjalankan program hingga menampilkan grafis, semuanya diubah menjadi kombinasi dari dua angka tersebut.

Prosesor, yang merupakan pusat pengolahan data utama, bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan ini dengan sangat cepat. Komponen lain, seperti RAM dan storage bekerja sama dengan prosesor untuk menyimpan dan mengambil data yang diperlukan. Prosesor komputer telah banyak berkembang seiring waktu, berikut ini akan dijelaskan sejarah perkembangan prosesor komputer sejak tahun 1940-an.

Generasi Pertama (1940-an–1950-an): Tabung Vakum

Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar untuk mengolah dan menyimpan data. Tabung vakum ini berfungsi sebagai saklar elektronik yang dapat menghidupkan atau mematikan arus listrik sehingga menghasilkan kode biner yang dapat diproses oleh komputer. Contoh komputer dari generasi ini adalah ENIAC dan UNIVAC. Komputer generasi ini sangat besar, berat, dan tidak efisien untuk digunakan.

Tabung Vakum

Sumber: Wikipedia

Generasi Kedua (1950-an–1960-an): Transistor

Pada generasi kedua, penggunaan transistor menggantikan tabung vakum. Transistor lebih kecil, lebih cepat, lebih efisien, dan lebih tahan lama. Transistor memungkinkan komputer untuk menjadi lebih ringkas dan hemat energi. Contoh komputer yang menggunakan teknologi transistor adalah IBM 7090

Penggunaan transistor ini merupakan lompatan besar dalam teknologi komputer karena memungkinkan peningkatan performa secara signifikan.

Transistor

Sumber: ZD Net

Generasi Ketiga (1960-an–1970-an): Sirkuit Terpadu (IC)

Pada generasi ketiga, sirkuit terpadu atau integrated circuit (IC) diperkenalkan. Sirkuit terpadu menggabungkan banyak transistor ke dalam satu chip kecil sehingga mempercepat proses pengolahan data dan mengurangi ukuran komputer secara drastis. Selain itu, komputer generasi ini lebih hemat daya dan menghasilkan lebih sedikit panas dibandingkan pendahulunya. 

Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM System/360. Pada generasi ini, komputer mulai digunakan secara luas di berbagai industri, dan konsep multitasking diperkenalkan, memungkinkan komputer menjalankan beberapa program sekaligus.

Sirkuit Terpadu

Sumber: Wikipedia

Generasi Keempat (1970-an–Sekarang): Mikroprosesor

Generasi keempat menandai dimulainya era mikroprosesor, yang merupakan revolusi dalam dunia komputer. Mikroprosesor mengintegrasikan seluruh unit pengolahan data ke dalam satu chip. Penemuan ini membuat komputer menjadi lebih kecil, lebih murah, lebih cepat, dan lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. 

Contoh mikroprosesor yang terkenal adalah Intel 4004, yang menjadi dasar bagi pengembangan komputer pribadi atau PC. Pada masa ini, personal computer (PC) mulai masuk ke pasar konsumen, dan berbagai merek terkenal, seperti Apple dan IBM mulai menciptakan komputer yang dapat digunakan di rumah dan kantor.

Generasi Kelima (Sekarang–Masa Depan): Kecerdasan Buatan dan Komputasi Kuantum

Komputasi kuantum adalah teknologi komputasi yang memanfaatkan prinsip fisika kuantum untuk melakukan perhitungan jauh lebih cepat dibanding komputer klasik. Berbeda dengan komputer konvensional yang menggunakan bit (0 atau 1), komputasi kuantum menggunakan qubit, yang bisa berada dalam keadaan 0, 1, atau keduanya secara bersamaan berkat fenomena superposisi

Dengan kemampuan ini, komputasi kuantum diharapkan mampu menyelesaikan masalah-masalah kompleks dalam waktu yang jauh lebih singkat, terutama dalam bidang kecerdasan buatan, simulasi ilmiah, dan kriptografi

Meskipun teknologinya masih dalam tahap pengembangan, komputasi kuantum diprediksi akan merevolusi berbagai industri di masa depan. Teknologi ini sangat rumit dan memerlukan infrastruktur khusus, seperti lingkungan dengan suhu sangat rendah untuk menjaga stabilitas qubit.

Komputer kuantum yang dikembangkan Google. Sumber: Google

Komputer kuantum yang dikembangkan Google. Sumber: Google

Memori (RAM)

Random access memory (RAM) adalah komponen penting dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data yang sedang diproses. RAM memiliki kinerja yang jauh lebih tinggi daripada storage lainnya, seperti SSD. 

Sejarah RAM dimulai dengan magnetic core memory pada tahun 1950-an yang terbuat dari cincin-cincin magnetik kecil untuk menyimpan data biner. Teknologi ini kemudian digantikan oleh semiconductor memory pada tahun 1970-an yang jauh lebih cepat dan lebih efisien.

Dua keping RAM DDR2. Sumber: Wikipedia

Dua keping RAM DDR2. Sumber: Wikipedia

Penyimpanan (Storage)

Pada awalnya, punch card digunakan sebagai alat penyimpanan data pada komputer generasi awal. Kemudian, pada tahun 1956, hard disk pertama diciptakan oleh IBM dengan ukuran besar dan kapasitas terbatas. Hard disk berbasis piringan magnetik menjadi standar penyimpanan selama beberapa dekade dengan kapasitas yang terus meningkat dan harga yang semakin murah. 

Pada tahun 1990-an, solid state drive (SSD) diperkenalkan, yang menggunakan memori flash sehingga lebih cepat dan tahan lama dibandingkan hard disk konvensional. SSD kini menjadi pilihan utama untuk penyimpanan dalam komputer modern karena kecepatannya yang tinggi dan lebih tahan pada kerusakan fisik akibat guncangan.

Monitor

Monitor pertama pada komputer adalah jenis cathode ray tube (CRT) yang pertama kali digunakan bersama komputer pada tahun 1960-an. Monitor CRT besar, berat, dan tidak efisien, tetapi bertahan hingga awal 2000-an. CRT adalah teknologi yang sama dengan televisi tabung yang banyak ditemui di rumah-rumah hingga beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 1970-an, teknologi LCD (liquid crystal display) mulai dikembangkan. Pada tahun 2000-an, monitor LCD mulai menggantikan CRT karena ukurannya yang lebih tipis, konsumsi daya rendah, dan kualitas gambar lebih baik. Kini, teknologi LED dan OLED digunakan pada monitor modern, menawarkan resolusi yang lebih tinggi, warna lebih akurat, dan desain lebih ramping.

Papan Tik (Keyboard)

Seperti yang kita tahu, papan tik berfungsi memberikan input berupa teks, angka, simbol ataupun perintah tertentu. Keyboard komputer terinspirasi dari mesin tik yang sudah ada sejak abad ke-19. Susunan tombol QWERTY yang kita gunakan saat ini telah menjadi standar sejak mesin tik diciptakan. 

Perkembangan teknologi keyboard telah menciptakan beberapa variasi, seperti keyboard mekanik, keyboard membran, dan keyboard nirkabel yang lebih portabel serta lebih nyaman digunakan.

Komponen Hardware: Keyboard

Sumber: Wikipedia

Tetikus (Mouse)

Fungsi utama tetikus adalah memberikan input yang digunakan untuk menggerakkan kursor atau pointer pada komputer, selain itu juga mouse biasanya memiliki dua input yang berupa tombol. Mouse pertama kali diciptakan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1960-an. 

Mouse awalnya terbuat dari kayu dan hanya memiliki satu tombol. Pada 1980-an, mouse mulai digunakan secara komersial setelah diperkenalkan oleh Apple bersama komputer Apple Lisa. Seiring waktu, mouse mengalami perkembangan teknologi dari berbasis bola mekanis menjadi optik, kemudian laser yang lebih presisi. Saat ini, mouse nirkabel menjadi pilihan populer dengan teknologi bluetooth yang lebih praktis.

Mesin Cetak (Printer)

Printer pertama kali dikembangkan pada 1950-an dengan teknologi dot matrix, yang mencetak teks dan gambar dengan menekan pita tinta pada kertas. Dot matrix kemudian digantikan oleh printer inkjet dan laser pada tahun 1980-an yang menawarkan kualitas cetak yang lebih baik serta kecepatan yang lebih tinggi. 

Inkjet menggunakan tetesan tinta, sementara laser menggunakan sinar laser untuk memindahkan tinta ke kertas. Saat ini, printer 3D mulai berkembang, memungkinkan pengguna untuk mencetak objek fisik dari berbagai bahan, seperti plastik dan logam.

GPU (Graphics Processing Unit)

GPU atau graphics processing unit adalah komponen yang dirancang khusus untuk pemroses grafis. Awalnya, komputer menggunakan CPU (central processing unit) untuk menangani semua tugas, termasuk grafis. Namun, karena kebutuhan akan grafis yang lebih kompleks, terutama dalam video game dan aplikasi grafis lainnya, GPU dikembangkan untuk mengambil alih tugas ini. 

Mulai diperkenalkan pada akhir 1990-an, GPU telah berkembang menjadi perangkat yang juga mendukung kecerdasan buatan (AI) dan machine learning dengan kemampuannya untuk memproses data dalam jumlah besar secara paralel. Contoh GPU yang populer saat ini termasuk NVIDIA GeForce RTX dan AMD Radeon.

Simpulan

Dengan memahami berbagai jenis hardware komputer dan bagaimana mereka berkembang dari waktu ke waktu, kita dapat melihat betapa pesatnya kemajuan teknologi yang telah membawa kita menuju era digital saat ini. 

Selalu ingat, teknologi hardware yang terus berkembang membuka banyak kemungkinan baru, dan penting bagi kita untuk tetap mengikuti serta memahami inovasi ini untuk memanfaatkan potensi penuh dari komputer di masa depan. 

Semua teknologi yang dibuat manusia saat ini pada hakikatnya punya satu tujuan, yakni mempermudah umat manusia dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.