Banner Blog - Communication Skill, Keterampilan Penting bagi Developer

Communication Skill, Keterampilan Penting bagi Developer

Howdy! Kamu yang mengklik judul artikel ini pasti sekiranya ingin tahu pentingnya communication skill bagi seorang developer. Sebelum mengetahui keterampilan berkomunikasi lebih jauh, mari kita kenali dulu ia secara sekilas, ya.

Pengertian Communication Skill

Communication skill secara harfiah berarti keterampilan berkomunikasi. Artinya ini perihal kemampuan seseorang dalam mengomunikasikan sesuatu dengan baik. Lalu, bagaimana pengertian dari komunikasi itu sendiri?

Communication menurut Kamus Oxford adalah (1) membuat atau bertukar informasi atau berita dan (2) mengirim serta menerima informasi. Adapun komunikasi menurut KBBI juga tidak memiliki makna yang jauh berbeda, yakni “pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami”.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Jadi, kita dapat simpulkan bahwa keterampilan berkomunikasi adalah kemampuan seseorang untuk dapat bertukar pesan atau informasi dengan baik sehingga maksudnya bisa mudah dipahami.

Lalu, bagaimana pentingnya keterampilan berkomunikasi bagi seorang developer?

Jenis Komunikasi

Tunggu dulu. Sebelum mengetahui pentingnya communication skill bagi seorang developer, ada baiknya kita memahami jenis-jenis komunikasi terlebih dahulu.

Ada banyak ragam dari komunikasi. Berdasarkan bentuknya, komunikasi dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yakni komunikasi lisan, tulisan, serta nonverbal. 

Komunikasi lisan adalah pertukaran informasi yang mengandalkan pembicaraan melalui mulut sebagai medianya, sedangkan tulisan menggunakan kata-kata yang ditulis atau diketik. Adapun komunikasi nonverbal menggunakan gestur, nada dan intonasi, serta mimik atau ekspresi wajah sebagai sarananya.

Selain dari bentuknya, komunikasi juga dapat dibagi berdasarkan pengirim dan penerimanya. Pertukaran informasi antara dua pihak atau lebih disebut komunikasi interpersonal. Adapun jika pertukaran pesan terjadi dari satu pihak ke banyak orang disebut komunikasi massa.

Komunikasi juga dapat dibedakan berdasarkan situasinya, yakni formal dan nonformal. 

Komunikasi formal adalah pertukaran pesan yang terjadi dengan tujuan resmi atau profesional dan terikat dengan aturan tertentu, misalnya acara kenegaraan, diskusi saat rapat, dan melamar pekerjaan via email. 

Adapun komunikasi nonformal adalah pertukaran informasi dalam situasi santai. Kegiatan ini tidak terikat aturan dan sering terjadi dalam percakapan sehari-hari.

Pentingnya Communication Skill

Nah, kamu sudah mengenal lebih banyak tentang komunikasi. Sekarang, saatnya kita ketahui pentingnya communication skill, terutama bagi developer.

Mempermudah Koordinasi

Ketika menjadi developer, tentu kamu akan mengerjakan berbagai proyek. Jika kamu masih berkuliah, pasti ada kesempatan mengerjakan tugas kelompok. Dalam mengerjakan proyek tentu kamu tidak sendirian. Ada berbagai pihak lainnya yang ikut terlibat.

Apabila kamu tidak memiliki communication skill yang baik, tentunya koordinasi akan menjadi lebih sulit. Misalnya, ketika kamu kesulitan mengungkapkan kebutuhanmu dalam kata-kata. Tentu pihak lainnya akan sulit untuk mengerti kebutuhan itu dan akhirnya bisa terjadi kesalahpahaman. Ini bisa menghambat pengerjaan proyek.

Meningkatkan Kolaborasi

Selain itu, hal selanjutnya adalah meningkatkan kolaborasi. Berkaitan dengan poin sebelumnya, tidak semua hal bisa kamu kerjakan sendirian. Terutama ketika kamu menjadi developer, tentu tidak semua hal dapat dikerjakan dalam satu waktu. 

Untuk menciptakan berbagai inovasi, ada kalanya kamu perlu berkolaborasi dengan pihak lainnya. Mereka adalah developer lain, desainer, manajer proyek, dan lain-lain. Oleh sebab itu, baiknya kita terus memperdalam keterampilan berkomunikasi agar kolaborasi bisa terus tercipta.

Tentunya, kamu pun ogah kan, berkolaborasi dengan orang yang tidak dapat berkomunikasi dengan baik?

Memperluas Relasi

Alasan selanjutnya kamu perlu menguasai communication skill adalah memperluas relasi. Saat ini, relasi yang luas dibutuhkan agar kamu dapat menarik lebih banyak peluang. Mulai dari peluang untuk meningkatkan skill dalam bidang teknis, berbagi pengetahuan, hingga mendapatkan pekerjaan.

Kamu akan kesulitan untuk memperluas relasi jika tidak mempunyai communication skill yang baik. 

Menjaga Hubungan dengan Rekan Kerja

Di dunia karier, relasi adalah hal yang penting. Jika relasi sudah terbangun dengan baik, tentunya itu harus dijaga. Namun, perlu kamu ingat juga bahwa rekan kerja tidak hanya dijumpai di dunia karier. Jika kamu masih berkuliah, rekan kerjamu adalah teman sekelas atau sejurusanmu.

Kamu harus terus meningkatkan communication skill-mu sembari menjaga hubungan dengan rekan kerja. Ingat, komunikasi dengan rekan kerja tidak hanya dalam situasi formal, tetapi bisa juga sembari ngobrol-ngobrol santai. Dengan begitu, kamu tetap bisa mengasah keterampilan berkomunikasi melalui cara-cara yang menyenangkan.

 

Akhirnya, kamu telah membaca artikel ini sampai selesai. Dari artikel ini, kita sama-sama mengetahui bahwa communication skill adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dipelajari. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu bertukar pesan dan informasi.

Bagi seorang developer, skill komunikasi penting untuk mempermudah koordinasi, meningkatkan kolaborasi, memperluas relasi, dan menjaga hubungan dengan rekan kerja. Semoga artikel ini menambah motivasimu untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, ya. 

Oh iya, Dicoding juga pernah menerbitkan artikel mengenai tips berkomunikasi dengan baik. Kamu bisa membaca artikel tersebut pada tautan: Jadikan Komunikasimu Lebih Baik dengan Enam Tips Berikut! 

Semangat terus untuk meningkatkan communication skill! Sampai jumpa dalam artikel berikutnya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.