Mobile Games Developer Challenge adalah sebuah kompetisi game yang diselenggarakan oleh Dicoding dan didukung oleh Intel Indonesia. Mobile Games Developer Challenge terdiri dari 2 buah kategori yaitu :
- Mobile Game Developer Challenge Rookie
- Mobile Game Developer Challenge Professional
Di Indonesia telah lahir banyak mobile game startup Antara lain Aksara Studio, Chocoarts, Creacle Studio, Solite Studio, Studio Independent, Own Games, Floo Studio, dsb. Mobile Games Developer Challenge ini adalah sebuah kompetisi yang ditunggu oleh game developer dari seluruh penjuru nusantara. Kami ingin mencari mobile game developer startup yang memiliki mimpi paling besar. Mimpi untuk membuat game terbaik yang pernah bisa dilahirkan dari bumi Nusantara. Apakah Anda salah satunya?
💻 Mulai Belajar Pemrograman
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Daftar SekarangHadiah
DICODING menggunakan model gamification untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan, inovatif dan kompetitif bagi pengembang untuk membangun produk yang sukses. Pengembang dapat mendapatkan badge dan experience point dengan menyelesaikan tantangan yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi. Dengan membuat games berkualitas tinggi, pengembang juga bisa mendapatkan poin tambahan dan membuka peluang yang lebih besar. Misalnya, pengembang dapat mempromosikan aplikasi mereka melalui OEM Store atau bahkan mendapatkan eksposure yang lebih besar lagi seperti game Count The Bunnies dari Solite Studio yang menjadi game official Speed Up Tablet powered by Intel.
Total hadiah Mobile Game Developer Challenge adalah 100.000 XP dari Dicoding.
- Winning Team 30.000 XP
- Runner Up 20.000 XP
- Winning Team 20.000 XP
- Runner Up 10.000 XP
Special Challenge
- Action & Adventure 5.000 XP
- Puzzle & Trivia 5.000 XP
- Racing & Flying 5.000 XP
- Strategy 5.000 XP
Syarat & Ketentuan
Persyaratan dan Ketentuan Umum
- Game harus tersedia di Google Play Store.
- Game yang diikutkan dirilis dari akun developer yang terdaftar di Indonesia.
- Hak intelektual atas game menjadi milik kreator.
- Special Challenge dapat diikuti oleh semua tim dari Professional maupun Rookie.
- Menggunakan Intel Development Tools
- Aplikasi Berbasis NDK atau Unity yang support untuk intel x86.
*Game boleh dibuat dengan game engine Unity namun harus ditambahkan dukungan untuk intel x86. Detail informasi soal menambahkan support inte NDK ke Unity bisa dilihat di link berikut.
MGDC Professional
- Boleh menggunakan game engine yang tersedia.
- Harus dalam bentuk perusahaan atau startup (tidak harus berbadan hukum).
- Bila startup, founder dan co-founder (bila ada) tidak berstatus mahasiswa.
- Setiap submission game akan mendapatkan 200 XP.
MGDC Rookie
- Hanya boleh menggunakan game engine yang free.
- Tidak ada batasan jumlah anggota tim.
- Bila startup, maka founder dan/atau co-founder harus berstatus mahasiswa.
- Setiap submission game akan mendapatkan 100 XP.
Special Challenge
- Action & Adventure, referensi game Angry Gran Run
- Racing & Flying, referensi game Mega Jump
- Puzzle & Trivia, referensi game Kelereng Marble
- Strategy, referensi game Moy 2 Virtual Pet Game
Kriteria Penilaian
Orisinalitas, peserta yang menggunakan asset pihak lain tanpa ijin/lisensi akan didiskualifikasi. Game yang dinilai harus sudah publish di Google Play Store.
- Kualitas UX, UI, Sound FX, dan Gameplay.
- Performance, game harus bisa berjalan dengan baik di low device.
- Extra Point (App Rating, Download, dan Monetization).
Game yang publish setelah 1 Februari 2015 akan mendapatkan point plus.
Penjurian
- Penjurian akan dilakukan pada awal APRIL 2015.
- Juri terdiri dari tim professional dari Dicoding.
- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Registrasi
Klik follow challenge dibawah, maka otomatis Anda akan teregistrasi dalam kompetisi MGDC dan jangan lupa untuk memfollow akun @intelSoftware dengan hastag #intelAndroid. Berikut adalah tautan pendaftaran:
- MGDC Kategori Professional
- MGDC Kategori Rookie
Submission
Submission dilakukan via Dicoding paling lambat 31 Maret 2015 [Updated].
Tanggal Penting
Berikut adalah tanggal penting yang harus dicatat:
- Deadline pendaftaran dan submission 31 Maret 2015 [Updated].
- Pemenang akan diumumkan pada awal April 2015.
- Pemenang akan langsung mendapatkan XP Dicoding.
FAQ
- Bila saya tidak mengikuti roadshow apakah tetap boleh mengikuti kompetisi? Tidak ada masalah.
- Bila saya memiliki game yang telah tersedia dimarket lain apakah boleh diikutkan? Boleh dan fitur tambahan menjadi nilai lebih.
- Bila game sekarang sudah ada di Store sekarang ditarik dari store, dimodif, dan dilakukan submission ulang ke store apakah diperbolehkan juga? Boleh, dengan judul dan asset yang berbeda.
- Kalau saya mahasiswa tapi ingin ikut yang Professional, apakah diperbolehkan? Tidak ada masalah.
- Kalau saya individual dan ingin berkompetisi di kategori Professional, apakah diperbolehkan? Tidak ada masalah.
- Kalau saya ingin bertanya ke admin kemana? Silahkan mention (via twitter) ke akun @kurniawan_kevin atau @dicoding,
Sumber Daya Pengembangan
- Game Engine for Rookie
- Intel Development Tools
- Aplikasi Berbasis NDK
Free Game Engine
- Unity Free
- Cocos2D Download, Sample of Cocos2D
- Box2D Download, Sample Box2D with XNA
- Nine Engine, Sample Code of Nine Engine