Belajar Membuat Game dengan Construct 2
Gratis
5.00

Belajar Membuat Game dengan Construct 2

Teknologi:

Android Web
Level: Pemula
Level: Pemula 40 Jam Belajar
7.869

Siswa Terdaftar

Pelajari cara membuat game dengan mudah menggunakan Construct 2, sebuah tools jitu untuk membuat game 2D hanya dengan drag and drop.

Kelas sudah tidak aktif


Informasi kelas Lihat silabus
Apa yang akan Anda dapatkan

Modul Tutorial

Materi bacaan elektronik disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Forum Diskusi

Diskusikan materi belajar dengan siswa lainnya.
Level Pemula
Mempelajari topik dasar dengan objektif membuat produk, sistem, atau latihan sederhana.

Deskripsi

Kelas Belajar Membuat Game dengan Construct 2 hanya menerima pendaftaran sampai Kamis, 31 Desember 2020 Jam 23:59.
Terhitung Jumat, 1 Januari 2021, kelas akan ditutup.

20201117125424575de2029b741473d8b4fb368710e040.jpg

Saat ini industri game dunia telah mencapai $152.1 miliar di tahun 2019 dengan pertumbuhan tahunan diperkirakan sebesar 9.6% (2019 Global Games Market Report). Hal tersebut menandakan bahwa potensi berkarir sebagai game developer sangatlah besar. Berdasarkan data dari Asosiasi Game Indonesia (AGI), market gaming di Indonesia dikatakan bakal terus tumbuh sebesar 20% hingga 30% tiap tahunnya. Pada 2030, Indonesia diprediksi akan menjadi top 5 game market di seluruh dunia. Di kelas ini Anda akan berlatih menjadi seorang game developer yang bisa membuat game sesuai kebutuhan industri terkini. Software yang digunakan dalam kelas ini adalah Construct 2 Free Edition yang dapat diunduh melalui halaman resmi https://www.scirra.com/construct2/releases.

Dicoding bekerjasama dengan ArcadesIndo Games telah menyusun materi yang ada di kelas ini secara komprehensif. Kelas ini disusun untuk Anda yang ingin mempelajari tahapan development game 2D sederhana melalui tiga jenis proyek game yaitu Balloon Shooter, Space Shooter, dan Tower Defense. Materi yang dipelajari juga dapat digunakan untuk membuat game browser atau desktop.


Kenapa saya harus belajar kelas ini?

  • Kelas ini menggunakan game engine Construct 2 yang banyak digunakan oleh kalangan indie game developer (independen).
  • Kelebihan dari Construct 2, antara lain dapat membuat game 2D, multiplatform (HTML5 Web, Android, dsb).
  • Construct 2 termasuk game engine yang memiliki lisensi gratis.
  • Construct 2 memudahkan Anda dalam membuat game tanpa harus mengerti coding.
  • Sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar membuat game dari awal.
  • Kelas ini sebagai prasyarat untuk menuju kelas Menjadi Construct 2 Developer Expert.


Materi apa saja yang akan dipelajari?

  • Membuat game Balloon Shooter : Konsep dari permainan ini akan memunculkan balon-balon dengan berbagai warna, dan pemain harus memecahkan balon tersebut sesuai dengan warna yang tertera pada sistem. Apabila pada sistem tertulis warna merah, maka pemain harus memecahkan balon merah tersebut. Pemain dapat menggerakkan karakter dengan menggunakan keyboard dan mouse. Modul ini dapat digunakan untuk membuat game browser atau desktop.
  • Membuat game Space Shooter : Konsep dari permainan ini akan memunculkan meteor-meteor dari atas layar. Setiap meteor yang dihancurkan, pemain akan mendapatkan poin. Pemain dapat menggerakan karakter dengan menggunakan kursor mouse atau mengetuk layar. Modul ini dapat digunakan untuk membuat game browser, mobile, atau desktop.
  • Membuat game Tower Defense : Konsep dari permainan ini ialah pemain dapat menambahkan tower pada setiap titik yang telah disediakan. Akan ada musuh yang melewati jalur yang ditentukan, dan tower pemain akan menembakinya. Tower tersebut juga dapat di upgrade hingga level yang lebih tinggi. Modul ini dapat digunakan untuk membuat game browser, mobile, atau desktop.

Anda tentukan sendiri berapa lama waktu belajar materi kelas ini. Materi kelas didesain untuk diselesaikan dalam waktu 40 jam. Jika Anda meluangkan waktu sedikitnya 10 jam saja dalam seminggu, maka sangat dimungkinkan Anda bisa menuntaskan kelas ini dalam waktu 30 hari. Namun tidak menutup kemungkinan Anda menyelesaikan dalam waktu yang jauh lebih cepat.


Prasyarat mengikuti kelas ini adalah:

  • Kelas ini didesain untuk pemula, sehingga tidak ada prasyarat apapun. Akan lebih baik jika Anda pernah bermain game elektronik.
  • Anda harus mandiri, berkomitmen, benar-benar punya rasa ingin tahu dan tertarik pada subjek.
  • Anda harus gigih, temukan topik yang menarik, bermain-main dan mengotak-atik setiap logika dan event dalam game.
  • Sebaik apa pun materi struktur kelas ini, tak akan berguna tanpa keseriusan Anda untuk belajar, berlatih, dan mencoba.


Spesifikasi minimal Komputer/Laptop:

  • Resolusi layar 1366x768 (Rekomendasi Full HD 1920x1080).
  • Prosesor Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas).
  • RAM 2 GB, (Rekomendasi 4 GB).
  • Sistem operasi Windows 7 64-bit atau yang lebih baru.


Tools yang digunakan:

  • Construct 2. Cara instalasi akan diajarkan pada kelas ini.
  • JRE (Java Runtime Environment) atau JDK (Java Development Kit). Cara mengunduh JRE dan JDK akan diajarkan pada kelas ini.
  • Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Kontributor

3

Curriculum Developer yang membangun kelas ini:

Daniel William

Daniel William

Academy Content Writer at Dicoding Indonesia

Buchori Rafsanjani

Buchori Rafsanjani

Curriculum Developer at Dicoding Indonesia

Reviewer

1

Code Reviewer yang akan me-review tugas dan kode Anda:

Lihat semua kontributor dan reviewer

Lihat semua kontributor dan reviewer

Kontributor & Reviewer

Kontributor kelas

Curriculum Developer yang membangun kelas ini:

Daniel William

Daniel William

Academy Content Writer at Dicoding Indonesia

Buchori Rafsanjani

Buchori Rafsanjani

Curriculum Developer at Dicoding Indonesia

Bayu Luky Istanto

Bayu Luky Istanto


Tim Reviewer

Code Reviewer yang akan me-review tugas dan kode Anda:

Catur dari Dicoding

Catur dari Dicoding

Code Reviewer at Dicoding Indonesia

  • Associate Android Developer



Testimoni Siswa

Ribuan siswa sukses belajar di Dicoding Academy. Apa kata mereka? Berikut adalah testimoni asli mereka.

Danar Dono
Danar Dono
Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software
Di kelas ini, akan diajarkan bagaimana konsep dasar pemograman. Saya sendiri merasa (seperti mengulas) kembali belajar mata kuliah algoritma 1, namun materinya disampaikan secara interaktif dan menyeyangkan sehingga relatif lebih cepat paham. Terima kasih Dicoding.
Baca selengkapnya
Muhammad Rafli
Muhammad Rafli
Universitas Padjadjaran
Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software
Kelas ini benar-benar memberikan pemahaman yang baik tentang pemrograman. Dengan bahasa yang menarik, mudah dipahami, dan sedikit humor, saya selaku orang non-IT dapat memahami kelas ini dengan baik. Terima kasih Dicoding.
Baca selengkapnya
Lihat semua testimoni

Kelas sudah tidak aktif

Silabus

Materi yang akan Anda pelajari pada kelas ini.